Francesco Bagnaia Ketagihan Menang di Moto3

2
72

Fransesca_Bagnania
Francesco Bagnaia ketagihan kemenangan diatas motor Mahindra. Foto: MotoGP

Sachsenring (naikmotor) – Francesco Bagnaia tak pernah bermimpi bisa meraih kemenangan perdananya bersama tim balap Mahindra dengan menunggangi motor asal India itu. Namun apa yang Ia tunjukkan di Moto3 Assen, Belanda tiga pekan lalu menjadi pembuktian terbesarnya. Ia mampu meraih kemenangan usai mempecundangi para pembalap KTM.

Untuk menjaga semangatnya tetap tinggi, tim Mahindra juga tak kehabisan akal. Mereka memasok sistem transmisi baru di motornya dan bakal mulai menggunakannya di Moto3 Jerman.

“Sebelum memutuskan untuk menggunakan transmisi baru ini, saya sempat melakukan pengetesan sistem tersebut. Dan itu berjalan dengan sangat sukses, saya mampu merasakan perubahan positifnya sejak awal pengetesan. Paling tidak ini menjadi obat untuk memperbaiki performa kami meski masih banyak hal yang ingin kami perbaiki,” beber Bagnaia.

Dari sisi teknis, kecepatan dalam berakselerasi di tipe sirkuit yang memiliki kontur naik turun seperti di Jerman, bakal pegang peran besar. Kemudian setup deselerasi yang tetap seimbang juga tetap dibutuhkan, agar di zona tikungan ketat seperti tikungan 2-3-4 di Sachsenring, kecepatan motor bisa tetap terkontrol dengan baik.

Meski sangat optimis bisa tampil lebih baik dari musim-musim lalu saat berlaga di Jerman, namun pembalap muda asal Italia itu juga menegaskan bahwa karakter Sachsenring sangat tidak mudah baginya. Ia bahkan mengaku sedikit kesulitan ketika berlaga di sana.

“Secara pribadi, saya akui sirkuit ini sangat sulit. Beruntung motor yang kami gunakan tahun ini sedikit lebih kompetitif. Sehingga membuat kami lebih optimis.”

Namun jika kondisi trek basah, tentunya harapan semua pembalap untuk meraih kemenangan, bisa sama. Mengingat itu akan sangat bergantung pada setup terbaik motor mereka untuk tipe trek licin dan berkarakter alami seperti di Jerman. (Spy/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*