Sam Lowes Kagum dengan Banyak Hal di Motor MotoGP

0
16
Sam Lowes

Sam_Lowes_MotoGP_Test_Misano
Sam Lowes kagum dengan teknologi motor MotoGP. Foto: Gresini

Misano (naikmotor) – Ketika pembalap di kelas lain naik ke kelas MotoGP, rata-rata memuji tenaga motor MotoGP yang sangat fantastis. Bukan hanya karena lontaran tenaganya saja, namun grip ban dan kesesuaian geometry motor, membuat semuanya bekerja dengan baik. Hal ini pula yang diungkapkan oleh Sam Lowes.

Pembalap asal Inggris yang baru saja diberikan kesempatan untuk melakukan pengetesan oleh tim Aprilia Racing di atas RS-GP, memuji performa motor prototipe itu.

Saat diwawancara eksklusif oleh Crash.net, Ia bercerita tentang banyak hal, termasuk kekagumannya pada performa motor, kemudian masalah pada ban dan lain sebagainya.

“Dalam dua hari pengetesan yang merupakan debutku mengendarai motor MotoGP, saya merasakan sesuatu yang sangat besar. Takjub sekaligus takut, bergejolak saat mengendarai motor bertenaga super itu. Hal yang membuatku sangat takjub ada beberapa hal. Di antaranya adalah transmisi dan tenaganya adalah bagian yang berubah sangat besar dari ajang balap Moto2. Kemudian juga penggunaan rem carbon yang membuat sistem pengereman jadi sangat pakem. Tapi jujur, dalam menggunakan sistem pengereman ini, saya mulai bisa cepat beradaptasi,” buka Lowes.

Ketika ditanya tentang setup yang ia gunakan saat sesi tes awal ini, Ia menjawab bahwa tidak banyak hal yang diubah oleh tim Aprilia Racing. hanya sebanyak posisi riding dan beberapa hal kecil lainnya. Selebihnya, menggunakan setup dasar yang digunakan oleh Alvaro Bautista dan Stefan Bradl. Ia pun sedikit membocorkan langkah yang bakal diambil oleh timnya di sesi tes berikut, yaitu melakukan pengetesan dengan total ubahan sebanyak 50 persen yang disesuaikan dengan gaya balapnya.

Namun hal yang membuatnya cukup ketakutan adalah penggunaan ban. Melihat banyaknya insiden yang terjadi pada pembalap MotoGP di awal musim, Ia merasa jadi sedikit ciut untuk memaksimalkan sesi adaptasinya dengan motor.

“Saya masih harus menemukan cara terbaik untuk memaksimalkan performa motor. Beruntung tidak ada insiden yang saya alami, tapi masih sulit mengerti bagaimana cara kerja ban ini.”

Sesi tes berikutnya akan lebih menguntungkan bagi Lowes. Mengingat sirkuit Red Bull Ring di Austria akan menjadi sirkuit yang baru bagi semua pembalap MotoGP. Jadi Ia bisa melihat sejauh mana adaptasinya berjalan lancar. Kemudian setup motor juga mulai bakal disesuaikan dengan gaya balapnya. Jadi ini akan membawa keuntungan tersendiri.  (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*