Suzuki Satria Trail, Cikal Bakal Motor Dual Purpose Suzuki?

1
641
Suzuki Satria

Suzuki Satria
Suzuii Satria bisa berubah menjadi model trail mejeng di Jakarta Fair 2016. Foto: Yudistira

Jakarta (naikmotor) – Sosok berbeda dari All New Suzuki Satria FI mejeng di booth Suzuki yang berada di kawasan Jakarta Fair 2016. Wajah sporty Suzuki Satria dirombak menjadi sosok motor trail dengan kaki-kaki kekar.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyerahkan proses pengerjaan kepada Arena Motor, yang merupakan spesialis pembuatan motor beraliran trail, supermoto, dan sejenisnya. Meski dengan proses pengerjaan terbilang singkat, hasil modifikasi yang dihasilkan terlihat maksimal. Motor hyper underbone itu menjadi tampil berbeda dan segar.

Perubahan terbesar dilakukan di sektor kaki-kaki, dengan menjejali shock upside down jangkung dari DBS. Roda depan menggunakan velg jari-jari ukuran 18 inch warna dari TK warna, sedangkan roda belakang menggunakan ukuran 17 inch. Ban kasar SB117 100/80-18 dan 120/80-17 melengkapi kegarangan motor.

Stang pendek standar pabrik Satria disubstitusi dengan stang fatbar yang tentunya berdimensi lebar, untuk menyesuaikan dengan tampilan kaki-kaki. Spatbor ala supermoto diaplikasikan untuk mengakomodir kinerja sektor kaki-kaki depan dari motor warna hitam tersebut.

Bagian belakang tak banyak diberi sentuhan. Selain roda, yang terlihat berbeda di belakang, yakni gear set dari SSS berukuran besar. Ukuran gir besar mampu memberikan akselerasi lebih baik, apalagi untuk motor trail yang siap melewati rute ekstrim.

Suzuki_Satria-Trail_8

Sistem pengereman juga sedikit diubah, dengan memasang piringan cakram produksi expedition pada roda depan dan belakang. Kaliper rem Nissin digunakan untuk mengawal putaran roda depan.

Melihat hasil ubahan yang dilakukan, ternyata All New Satria FI tetap tampan saat berubah wajah menjadi motor spesialis off-road. Lalu apakah modifikasi Satria Trail ini merupakan ancang-ancang Suzuki untuk memproduksi motor dual purpose yang sedang tren saat ini? (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*