Ducati Resmi Luncurkan Desmosedici GP15

0
88
Ducati GP15 Launching

Ducati GP15 launching

Bologna (naikmotor) Ducati Desmosedici GP15 resmi diluncurkan hari ini di Bologna Italia. Motor racikan Gianluigi Dall’Igna akan diuji kemampuan perdananya di tes pramusim Sepang 2, minggu depan.

Sesuai janji mereka di awal tahun 2015 tentang waktu peluncuran senjata untuk MotoGP 2015, tim Ducati Corse akhirnya secara resmi meluncurkannya hari ini yaitu Senin (16/2/2015) di Italia. Proses peluncuran dilakukan di markas besar Ducati yaitu di Borgo Panigale, Bologna, Italia.

Motor ini adalah karya perdana murni milik Direktur Teknis Ducati terbaru yaitu Gianluigi Dall’Igna (Gigi) yang sudah meriset motor tersebut selama kurang lebih setahun dua bulan lamanya. Bahkan ia sempat meminta privilege kepada Dorna Sports selaku promotor MotoGP agar mendapatkan keringanan untuk tetap melakukan riset selama musim berlangsung.

Melihat sekilas motor ini, aplikasi yang dibawa Ducati kali ini cukup berbeda dengan filosofi Ducati yang selama ini kita saksikan di MotoGP. Model fairing sekarang terlihat banyak lubang ventilasi udara. Meski masih mempertahankan spesifikasi mesin L 90 derajat dan katup dengan sistem kerja Desmodromic.

Motor ini akan menjadi pertarungan besar Ducati di era kepemimpinan Gigi. Lantaran keputusannya meninggalkan Aprilia untuk bergabung bersama Ducati ketika Aprilia sedang berada di puncaknya, punya makna yang sangat besar. Apalagi sejak ditinggal Casey Stoner, Ducati tak lagi pernah meraih kemenangan di ajang balap MotoGP.

Dengan demikian, sesi tes Sepang 2, kita akan melihat performa Ducati yang sebenarnya. (Spy/NM) Foto: Ducati Motor Holding SpA

Spesifikasi Ducati GP15.
Mesin: Liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, evo desmodromic DOHC, 16-valves
Kapasitas mesin: 1,000cc
Tenaga maksimal: lebih dari 240 daya kuda
Top speed: Over 340 km/jam (211 mil per jam)
Transmisi: Ducati Seamless Transmission (DST) Chain final drive
Pengkabutan bahan bakar: Indirect electronic injection, 4-throttle bodies dengan injeksi di atasnya dan bawahnya katup kupu-kupu.
Sistem operasi gas: New EVO 2 TCF (Throttle Control & Feedback) system
BBM: Shell Racing V-Power
Lubrikasi: Shell Advance Ultra 4
Knalpot: Akrapovic
Final Drive: D.I.D Chain
Rangka: Aluminum alloy twin-spar
Suspensi: Öhlins inverted 48mm (depan) dan Öhlins adjustable preload, new factory evolution damping system
Elektronik: Magneti Marelli ECU programmed with Ducati factory software
Ban: Bridgestone 16.5″ front and rear
Rem: Brembo, two 320mm/340mm carbon 4 kaliper (cakram depan) dan mono stainless steel disc dengan 2 kaliper
Bobot kering: 158 kg (348 lbs.)

LEAVE A REPLY

*