Hak Paten TVS Soal Injeksi Udara dan Sistem Pelumasan

0
Penjualan TVS Indonesia Tumbuh 24,5% Selama 2016
Peningkatan penjualan TVS Indonesia dipengaruhi oleh expansi pasar yang di lakukan khususnya untuk pasar export. Foto: Yudiistira.
Paten_TVS_injection_pelumasan
Inovasi TVS soal injeksi dan pelumasan telah mendapat hak paten. Foto: Rushlane

Chennai (naikmotor) – PabrikanTVS Motor Co. India telah menerima sertifikat paten untuk dua inovasinya, sistem injeksi udara dan pelumasan.

Paten tentang new air-injection system sebenarnya telah lama diajukan pabrikan sejak 2008, tetapi pengujian atas sistem injeksi udara yang bekerja saat deselerasi itu baru dilakukan pada 2014. Dan baru pada April 2016, para petinggi TVS dipanggil untuk penyerahan sertifikat paten tesebut.

Sistem injeksi udara bekerja saat gas ditutup, ketika di manifold intake terjadi kevakuman, sehingga mesin akan menerima campuran udara dan bahan bakar yang lebih banyak udaranya atau kurus. Hasilnya emisi yang dihasilkan akan lebih bersih dari polutan. Campuran udara bahan bakar udara yang kurus itu juga berarti penggunaan bahan bakar lebih efisien saat deselerasi.

Paten lainnya diterima pabrikan untuk sistem pelumasan dalam mesin yang cara kerjanya seperti cipratan dan semburan yang hanya membutuhkan sebuah mekanisme sebagai penggeraknya. Hal itu akan meniadakan kebutuhan pompa terpisah.

Paten-paten itu diharapkan akan semakin mengokohkan posisi TVS di pasar roda dua India. Sebab per April 2016, TVS telah beranjak dari posisi nomor 3 dan menggeser Bajaj. Belum lagi langkah pabrikan akan menampilkan produk bersama dengan BMW, G310R dalam versi full fairing yang dinamai TVS RTR300. Juga model baru RTR200 4V dan Victor, serta versi bermesin lebih kompak RTR160.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY