Tips Motor, Permasalahan Seputar Kopling

0
1920

tipsKopling1

Jakarta (naikmotor) Pada transmisi sepeda motor, pastinya terdapat perangkat kopling. Tugasnya cukup penting, menyalurkan torsi dan daya yang dihasilkan mesin.Apa aja masalah pada kopling?

Sebagai pemindah daya, kopling akan bergesekan dengan metal yang berputar, dan meneruskan putarannya. Tetapi lama kelamaan kopling akan aus, dan usia pakainya akan tergantung dari cara pemakaian.

Pada sepeda motor dengan transmisi manual, kopling yang sudah tipis, akan mengakibatkan gejala sulitnya perseneling masuk. Kemudian masalah lain menimbulkan gejala melompat ketika tuas kopling dilepas.

Akibat lainnya, motor menjadi kurang bertenaga, dan tentunya boros konsumsi bahan bakarnya. Kopling aus ditandai pula dengan tarikan tuas yang lebih dalam, dan setelannya habis.

Pada skuter matik yang menggunakan tipe kopling kering. Cirinya akan timbul suara menderit saat berakselerasi. Bisaj uga dengan pergerakan yang tersendat-sendat, tidak meluncur mulus.

Bila kondisinya sudah demikian, jangan biarkan masalah di kopling motor Anda berlarut-larut hingga menjalar ke perangkat lain. Hubungi bengkel rujukan terpercaya atau mekanik andalan untuk segara digantikan dengan part kopling baru.(af/NM)

tipsKopling2

LEAVE A REPLY

*