Aprilia RSv4 X Ec3ma Adopsi Teknologi MotoGP, Ada Peran Max Biaggi

0
Aprilia RSv4 X Ec3ma, Adopsi Teknologi dari RS-GP Dikembangkan Bersama Max Biaggi
Aprilia RSv4 X Ec3ma. Foto: visordown

NaikMotor – Aprilia mengembangkan proyek sportbike track only sejak 2019, dengan XRange. Kini pada periode ke-4 proyek lahir Aprilia RSV4 X ec3ma, mengadopsi teknologi RS-GP dan dikembangkan bersama Max Biaggi. 

Aprilia memulai produksi track-only X pada tahun 2019 dengan RSV4 X yang akan diikuti oleh model Tuono X. Teknologi MotoGP menyertai setiap model sportbike track only tersebut.

Seri X tersebut dilanjutkan dengan yang lebih canggih hadir pada tahun 2022, RSV4 X Thirty. Namun Aprilia kini telah mengeluarkan track bike tercanggihnya hingga saat ini dengan RSV4 X ec3ma.

Seri terbaru yang merupakan sepeda motor pertama dan satu-satunya yang dilengkapi aerodinamika ground-effect. Inovasi untuk solusi yang dipatenkan oleh Aprilia Racing dan sebelumnya eksklusif untuk RS-GP yang berlaga di ajang MotoGP.

Direktur Teknis Aprilia Racing Romano Albesiano, mengatakan akan model terbaru ini, “Sepeda motor ini mewakili evolusi paling ekstrem dari program yang kami mulai. Hadir untuk teknologi mutakhir langsung dari divisi balap kami kepada pelanggan kami.”

“Transfer teknologi balap ke publik memang sering dibicarakan, namun di Aprilia Racing itu adalah kenyataan yang nyata. Teknisi kami telah menciptakan sesuatu yang jauh melampaui evolusi RSV4 yang sudah luar biasa. Hal ini, jelas terlihat pada bagian aerodinamisnya, menampilkan inovasi yang hanya dimiliki oleh motor MotoGP.”

RSV4 X ec3ma merupakan motor pertama yang dijual umum dengan paket ground effect yang lengkap. Meningkatkan beban lateral sebanyak tiga kali lipat dibandingkan model X sebelumnya. Step fairing dan cornering wing merupakan inovasi yang pertama kali diperkenalkan Aprilia di MotoGP.

Baca Juga: Rencana Yamaha Pakai V4 di MotoGP 2025 Disebut Tidak Fair oleh Aprilia

Aprilia RSv4 X Ec3ma, Adopsi Teknologi dari RS-GP Dikembangkan Bersama Max Biaggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here