HUT ke-34 Adira Finance Digelar Festival Pasar Rakyat 2024 Rangkasbitung

0
Festival Pasar Rakyat 2024
Festival Pasar Rakyat 2024 di awali di Pasar Rangkasbitung, Lebak. Banten, (7-8/9/2024). Foto: adira

NaikMotor – Dalam rangkaian HUT ke-34 Adira Finance, digelar Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 diawali di Pasar Rangkasbitung, (7-8/9/2024). FPR untuk mendorong keberlanjutan pasar tradisional.

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui unit usaha syariahnya dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat 2024. Festival akan berlangsung di 5 pasar Indonesia: Pasar Rangkasbitung-Lebak, Pasar Pahing,-Kediri, Pasar Legi-Solo, Pasar Kosambi-Bandung; dan Pasar Ngasem-Yogyakarta, mulai September hingga Desember 2024.

FPR 2024 digelar untuk mendukung dan memberdayakan pedagang, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan keberlanjutan pasar rakyat melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, sebuah inisiatif untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar rakyat.

Pasar Rangkasbitung dipilih sebagai lokasi perdana untuk FPR 2024 karena potensinya yang besar sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Kabupaten Lebak. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Yani, menyatakan bahwa berdasarkan data Disperindag April 2024, terdapat sekitar 2.300 pedagang di Pasar Rangkasbitung.

Meski demikian, tantangan yang dihadapi tidak sedikit. Banyak kios yang kosong dikarenakan sejumlah pedagang lebih memilih berjualan di luar area pasar atau dari rumah, dengan alasan pengunjung lebih banyak membeli di lokasi tersebut. Kondisi pasar yang masih kurang memadai dari segi fasilitas juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kenyamanan dan daya tarik bagi pengunjung. Ditambah lagi, saat ini terdapat kewajiban sertifikasi halal, termasuk produk yang dijual di pasar tradisional, sehingga kondisi pasar serta kapasitas pedagang perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Momotor.id Adira Finance Gelar Hari Cicilan Lunas 2024, dengan Kompetisi Berhadiah Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here