Sliding ‘Gila’ Sam Lowes Antarkan ke Pimpinan Klasemen di Moto2 2016

0
73

Sam_Lowes_Jakarta_2016
Sam Lowes saat berkunjung ke jakarta (1/5/2016). Foto: Arif

Jakarta (naikmotor) – Penampilan gemilang Sam Lowes di ajang Moto2 2016 membawanya menapaki posisi pertama di klasemen sementara musim 2016 dengan 72 poin. Gaya sliding saat masuk ke tikungan jadi andalan saudara kembar Alex Lowes yang berlaga di World Superbike (WSBK).

Rider asal Inggris mengawali musim balap Moto2 tahun ini dengan cukup baik di Qatar, ia start dari posisi ketiga pada balapan yang berlangsung malam hari di Sirkuit Losail. Sayangnya terkena penalti akibat jump start.

“Saat itu lampu (start) terlihat sudah menyala, namun saya salah. Hari itu, tujuh dari delapan pembalap melakukan kesalahan yang sama,” cerita Sam saat acara meet & greet di Jakarta (1/5/2016).

Moto2 seri Spanyol di Sirkuit Jerez, menjadi pembuktian keperkasaan Lowes. Ia start dari pole position, dan mampu mempertahankan posisinya hingga finish.

“Dapat dikatakan riding style saya yang ‘gila’ menjadi keunggulan saya. Meski beberapa kali terjatuh karena melakukan (sliding) itu, saya tetap mampu mengontrol laju motor,” ucap pria 25 tahun ini.

Sam_Lowes_Jerez_Kualifikasi

Aksi sliding di tikungan menjadi hiburan seru untuk penonton balap Moto2. Tetapi, hal berbeda dirasakan manajer dan semua awak tim Federal Oil Gresini Moto2, yang tegang saat pembalap bermata biru itu meluncur di tikungan.

“Dia (Sam) sangan menikmati gaya balapnya. Tapi, kami yang ada di paddock tim selalu berdebar ketika melihat ia melakukan (sliding),” kata Manager Gresini Racing Carlo Merlini.

Dengan gaya ridingnya yang unik, tim Federal Oil Gresini Moto2 menyiapkan setelan motor yang sesuai. “Motor Sam punya setelan yang berbeda dengan pembalap lain, khususnya pada bagian shockabsorber. Ia merasa nyaman dengan motornya,” ucap Carlo. Untuk menunjang riding stylenya, Sam menggunakan ban yang lebih keras dibanding pilihan ban pembalap lain, caranya menekan dan melepaskan kopling seperti mengerem diikuti dengan downshift saat memasuki tikungan juga menjadi kunci aksi sliding atau rear wheel steering.

Kompetisi Moto2 masih menyisakan 14 balapan musim ini, Sam dan timnya mencoba tampil konsisten untuk mengamankan gelar juara, apalagi musim depan ia akan naik ke MotoGP bersama Aprilia. “Saya akan melakukan yang terbaik, bersama tim yang baik, saya yakin mampu menjadi juara,” kukuh Sam. (Yudistira/nm)

Sam_Lowes_naikmotor

LEAVE A REPLY

*