Tips Motor, Kenali Gejala Laher Roda Aus

0
520

tipsBearing1

Jakarta (naikmotor) Laher, bantalan atau bearing roda berfungsi membuat perputaran roda lebih lancar karena berkurangnya gesekan antarkomponen metal yang bergerak.

Laher roda yang aus atau rusak bisa mempengaruhi kestabilan pergerakan sepeda motor. Dan akibat lainnya, laju motor akan terasa lebih berat cenderung goyang, serta memicu konsumsi bahan bakar lebih boros karena kinerja roda tidak simetris.

Laher roda termasuk komponen yang mudah aus karena fungsi lainnya ikut menahan beban sepeda motor. Jika gejala di atas terjadi, segera periksa kondisi laher roda agar pengendaraan tetap nyaman, tidak merembet pada bagian lain yang berhubungan dengan roda dan tentu saja paling utama mengurangi risiko kecelakaan.

Cara yang mudah untuk mendeteksi keausan laher roda yakni dengan memposisikan sepeda motor menggunakan standar tengah. Putar roda sepeda motor, perhatikan pergerakannya. Pergerakan yang kasar bisa menandakan laher yang sudah aus. Atau goyang roda ke arah kiri dan kanan, jika terasa oblak artinya laher sudah aus.

Jangan tunda lagi bila kondisi laher roda sudah terdeteksi memiliki keausan. Segera ke bengkel dan meminta check ulang kemudian minta ganti dengan laher yang baru.(af/NM)

tipsBearing2

LEAVE A REPLY

*