Oli Palsu Merugikan Pemilik Sepeda Motor, Kenali Efek, Bahaya, dan Ciri-Cirinya

0
Oli palsu untuk sepeda motor
(Ilustrasi) Kenali efek, bahaya, dan ciri-ciri oli palsu. Foto: WMS

NaikMotor – Ini bahaya dan efek berantai penggunaan pelumas atau oli palsu pada sepeda motor, kenali cirinya dan hindari.

Oli motor memiliki fungsi vital menjadi pelumas komponen di dalam mesin, sehingga kinerja mesin jadi lebih maksimal dan menghindari terjadinya korosi pada mesin.

Namun oli tidak sesuai anjuran ataupun palsu akan berakibat fatal di mesin. Karena kandungan yang tak sesuai standar maka berakibat bearing di bagian mesin menjadi aus, piston baret, dan bahkan hingga  membuat seal alami kebocoran ataupun rembes.

Penggunaan oli palsu tak hanya berdampak pada kerusakan komponen juga partikel di mesin, namun memiliki efek domino yang tak bisa dianggap enteng.

“Memang tidak bisa dipungkiri, kalau oli palsu punya dampak negatif yang berantai. Paling serius adalah pengaruhi performa motor jadi lebih buruk, dan itu tidak menjadi jaminan bisa kembali seperti di awal performanya. Sudah begitu, dengan masuknya oli palsu part juga komponen dipastikan kondisi umurnya jadi lebih pendek dari yang seharusnya (cepat aus),” ujar Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Baca Juga: HUT RI ke-79: AHASS Wahana Gelar Promo Perawatan 17%
(Ilustrasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here