Bengawan Team X IRCTire Juara Prototype Class SEM 2024

0
Bengawan Team X IRCTire Juara Prototype Class SEM 2024
Bengawan Team X IRCTire Juara Prototype Class SEM 2024. Foto: @bengawanteamuns

NaikMotor – Bengawan Team UNS bersama IRC Tire raih gelar juara di ajang balap inovasi kendaraan hemat energi, Shell Eco-Marathon 2024.

Bengawan Team UNS merupakan tim otomotif yang beranggotakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS). Tim balap yang atas inisiatif dibentuk oleh kesadaran dan kebutuhan akan kendaraan yang hemat energi.

Tim yang berkecimpung dalam inovasi dalam pengembangan, merancang, mendesain untuk membangun kendaraan hemat energi. Bengawan Team juga hadir sebagai solusi mengatasi masalah yang berkelanjutan mengenai sumber energi yang tersedia untuk digunakan secara maksimal dan sehemat mungkin.

Terbentuk sejak September 2011 hingga saat ini mereka telah mendesain dan merancang kendaraan hemat energi. Sehingga telah membuat tiga macam mobil, yang di antaranya yakni Urban Diesel, Urban Bensin, dan Prototype.

Pada kejuaraan supermilage tahunan Shell Eco-Marathon (SEM) Asia yang diselenggarakan oleh Shell. Ajang untuk menginspirasi inovasi mahasiswa dalam merancang dan menguji kendaraan yang mampu menempuh jarak terjauh dengan konsumsi energi yang paling sedikit. Kejuaraan yag digelar pada 2-7 Juli 2024 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok.

Diikuti oleh pelajar dan mahasiswa dari berbagai institusi yang terbagi dalam 113 tim dan 17 negara Kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Dalam ajang tersebut Bengawan team didukung penuh oleh IRCTire dari PT. Gajah Tunggal Tbk, turut mengikuti kategori Prototype Gasoline.

Prototype Class dengan model Nirankara 2.0 milik Bengawan Team, memiliki rancangan bodi dari carbon fiber dan rangka carbon composite, menggunakan mesin C100 (internal combustion engine). Mereka berhasil meraih podium pertama dengan total kemenangan sebesar $3.000 USD. Nirankara 2.0 meraih efisiensi tertinggi dengan total 983.3 km/L, mengunggulii kompetitor dari berbagai negara. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here