Busi Platinum Lebih Baik Daripada Busi Nikel, Karena ini

0
Busi Platinum Lebih Baik
Busi NGK G-Power dengan elektroda tengah Platinum. Foto: ngk

NaikMotor – Busi dengan elektroda tengah berbahan nikel adalah busi yang umum digunakan, tetapi kini ada busi berbahan platinum. Disebutkan busi platinum bisa lebih baik daripada busi nikel, berikut penjelasannya.

Busi nikel biasanya menjadi busi bawaan sepeda motor atau busi OEM. Busi pemantik pembakaran mesin yang menjadi standar pabrikan ketika sepeda motor dipasarkan.

Tetapi menurut PT Niterra Mobility Indonesia, produsen busi NGK, performa sepeda motor bisa lebih baik dengan busi berelektroda platinum. PT Niterra menyebutnya sebagai langkah upgrade dari sisi busi.

Busi berelektroda tengah platinum, dilabeli NGK G-Power Platinum. Sementara, Platinum yang dikenal dengan istilah platina adalah unsur kimia dengan lambang Pt dengan nomor atom 78 yang memiliki sifat logam putih padat, lunak dan ulet. Memiliki daya tahan tinggi terhadap korosi bahkan pada suhu tinggi yang menjadikan platinum ini sebagai logam mulia.

Sebagai perbandingan terhadap Nikel yang selama ini dijadikan bahan dasar produk busi, Platinum memiliki daya tahan 21% lebih baik terhadap suhu tinggi. Dengan titik lebur yang tinggi tersebut membuat busi berbahan Platinum akan mempunyai kemampuan bertahan terhadap panas lebih baik daripada Nikel.

Baca Juga: Komposisi Material dan Struktur Elektroda Menjadi Keunggulan Busi NGK

Busi Platinum Lebih Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here