Kapan Servis Skuter Listrik Honda EM1 e: di e-Shop Wahana Honda?

0

Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati menjelaskan komponen dan fungsi yang melekat pada Honda EM1 e:, seperti Down Regulator, Junction Unit, Power Control Unit, Baterai 12V, Honda Mobile Power Pack, In Wheel Electric Motor, Accelerator Position Sensor serta Bank Angle Sensor. Di antara komponen vital di sepedamotor listrik adalah soal baterai yang pada EM1 disebut Honda Mobile Power Pack, yakni baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga listrik. Baterai swap ini mempunya kapasitas 29.4 Ah serta mengeluarkan arus tegangan 50,26 Volt dengan berat 10,2 Kg.

Wahyu Budhi menjelaskan, karena memilki tegangan 50 volt, maka penanganan servis skuter listrik Honda EM1 e: dilakukan oleh teknisi khusus.”Hal ini karena arus DC mempunya tegangan yang stabil dan berisiko terkena strum, makanya dibutuhkan mekanik yang telah ditraining khusus soal kelistrikan. Mereka juga memiliki seragam dengan tanda logo petir. Tempat servisnya dilakukan di line fastrack dengan sign warna biru serta dilengkapi  peralatan kunci tools yang memiliki isolator dari karet . Area kerjanya juga memiliki karpet isolator untuk menahan arus lsitrik,”terang Wahyu.

Ia juga memberikan beberapa tips dalam merawat baterai ini seperti penyimpanannya di ruang  bersuhu yang tidak menyebabkan panas atau dingin.”Jangan mencucinya dan saat charging memiliki suhu 0-40 derajat celcius serta  jangan sampai terbentuk benda keras.”

Sementara prosedur pemeriksaan Honda EM1 e: di jaringan e-Shop AHASS Wahana Honda menurut Mulyono, kepala bengkel Wahana Gunung Sahari, bahwa ada beberapa item yang dicek dengan interval setiap kelipatan 6.000 Km. “Servis pertama EM1  itu 1.000 Km atau dua bulan, kemudian servis kedua 6.000 Km atau enam bulan serta servis ketiga 12.000 Km atau 12 bulan. Pemeriksaannya mulai dari level baterai, minyak rem, putaran gas termasuk jarak main gas, pengereman dari kampas rem hingga jarak mainnya, kemudian suspensi dan komstir serta baut-bautnya,”ujarnya.

Meski demikian ditambahka Mulyono, sampai sekarang pihaknya belum menerima servis unit karena tergolong produk baru hingga jarak pemakaiannya rendah. Honda EM1 e: diluncurkan Agustus 2023 dan resmi diperkenalkan harganya Rp 33 juta serta Rp 33,5 juta untuk EM1 e: Plus pada Desember 2023. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here