Mengenal Teknologi Variable Valves Actuation pada NMAX

0
236

teknologi VVA NMAX
Sentul (naikmotor) NMAX, model terbaru perdana Yamaha di tahun 2015, disempurnakan teknologi VVA (Variable Valves Actuation). Apa itu VVA?

Pengembangan teknologi terkini Yamaha ikut melahirkan VVA yang menyempurnakan NMAX dan membuat performanya lebih baik. VVA menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder di mana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core sehingga performanya makin sempurna. Keunggulan NMAX dengan Blue Core yaitu pembakaran optimal, pendinginan maksimal, minim gesekan.

Pembakaran optimal karena dukungan volume Air Cleaner yang besar dimana volume udara yang tepat menghasilkan efisiensi pembakaran optimal di segala kondisi ; mengoptimasi sistem setting FI (Fuel Injection) – sistem pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume bahan bakar dan timing pengapian berdasarkan rpm dan bukaan gas ; bentuk dan layout valve optimal (kontrol udara efektif dan desain ruang bakar kompak) ; efek tumble (optimum efek tumble menghasilkan pencampuran bahan bakar dan udara sempurna) ; ruang bakar kompak (desain bentuk port dan ruang bakar yang optimal, menjamin pembakaran sempurna) ; adanya VVA (Variable Valves Actuation)

Pendinginan maksimal dengan radiator compact (bentuk kompak, pendinginan maksimal) ; By-pass thermostat (warming up lebih singkat, hemat bahan bakar) ; DiAsyl Cylinder & Forged Piston (melepas panas lebih cepat, ringan dan kuat).

Minim gesekan dengan adanya roller rocket arm (rendah gesekan, memaksimalkan tenaga mesin) ; offset cylinder (sumbu cylinder body dan crankshaft tidak segaris/offset, meminimalisir noise dan vibrasi, memaksimalkan tenaga mesin) ; compact AC magneto (penghasil daya efisien, mengurangi beban pada mesin).(rls/NM)

LEAVE A REPLY

*