Alasan Operasional, MotoGP India 2024 Batal Digelar

0
Marco Bezzecchi menang di MotoGP India. Foto: Mooney VR46

NaikMotor  – Dengan pertimbangan kondisi cuaca tidak bersahabat di trek Buddh, FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan MotoGP India 2024 batal digelar dipindahkan ke tahun 2025. Sebelumnya tersiar kabar, promotor lokal belum membayar hosting fee kepada Dorna.

Melalui pengumuman resminya, FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan bahwa Grand Prix India tidak akan berlangsung pada tahun 2024, dengan MotoGP™️ menunda penyelenggaraannya ke awal tahun 2025 karena pertimbangan operasional.

Sejatinya, MotoGP India 2024 akan berlangsung pada 20-22 September 2024 sebelum menyambangi Mandalika sepekan berikutnya.  Penundaaan ini juga atas saran dari Pemerintah Uttar Pradesh seiring negara bagian tersebut melanjutkan komitmen jangka panjangnya terhadap MotoGP™️. Balapan ini direncanakan kembali ke Sikruit Buddh pada maret 2025, saat kondisi cuaca diperkirakan akan optimal bagi penonton dan pembalap.

Kabar soal MotoGP India 2024 batal telah mengemuka pada dua pekan lalu. Alasan di balik rumor pembatalan tersebut adalah pembayaran terutang yang belum dibayarkan oleh promotor balapan, Fairstreet Sports, kepada Dorna Sports, pemegang hak MotoGP.

Rumor awal, yang mengatakan bahwa putaran India akan diganti pada tanggal yang sama yaitu 20-22 September dengan Grand Prix Kazakhstan yang baru-baru ini ditunda. Sebab, batas pembayaran fee penyelenggaraan MotoGP adalah 20 Mei 2024.

Pada kenyataannya Pemerintah setempat lokasi Sirkuit Buddh, Uttar Pradesh memiliki aturan jika mereka menunda atau membatasi semua pembayaran utang selama Pemilu. Pemerintah setempat baru akan mulai melakukan pembayaran-pembayaran urusan publik pada 4 Juni 2024. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here