Vespa telah Berkiprah Selama 70 Tahun (1946-2016)

0
72

70Th_Vespa
Vespa telah memasuki usi 70 tahun pada 2016. Foto: Piaggio

Jakarta (naikmotor) – Tepat pada hari Sabtu (23/4/2016) skuter Vespa telah selama 70 tahun beredar di dunia. Selama itu telah 18 juta unit Vespa terjual di seluruh dunia.

Keunikan Vespa tidak hanya pada desainnya yang silhouette desainnya nyaris tak berubah selama 7 dekade tetapi juga kebutuhan pengendaranya. Vespa telah menyatukan penggunanya dari berbagai wilayah dan berbagai budaya di dunia hanya dengan satu passion; skuter.

Harus diakui kalau Vespa menjadi merek global akan mobilitas, yang telah membuat berbagai lingkungan sosial berinteraksi satu sama lain, menghadirkan berbagai fenomena kultur, karakteristik dari kenyataan yang telah mampu membaurkan diri untuk menentukan sebuah role akan protagonis yang berbeda. Dan telah menyatu dengan revolusi kostum, musik dan pemuda. Menjadi sisi lain kemajuan manusia. Dan menjadi bagian dari kemajuan ekonomi.

Sejarah Piaggio Vespa
Piaggio, sejatinya sebuah perusahaan finishing kapal mewah di Genoa, Italia, didirikan oleh pemuda 20 tahun Ronaldo Piaggio pada 1884. Kemudian Piaggio memproduksi juga trem, blind van, kereta rel, mesin dan mobil mewah, dan kabin truk khusus.

Saat Perang Dunia I berkobar telah membuat Piaggio harus mengubah aktivitasnya untuk beberapa dekade. Perusahaannya mulai membuat pesawat terbang dan amfibi. Pada 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa, dan empat tahun kemudian mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera yang kemudian menjadi pusat produksi industri penerbangannya, termasuk pesawat Piaggio P108 yang moderen pada masanya, dan versi bombernya.

Sebelum Perang Dunia II, Piaggio adalah pabrik pesawat terbang terkemuka. Tetapi ironisnya, pabrik menjadi terget utama serangan musuh, sehingga usai Perang Dunia II pabrik Piaggio di Genoa, Finale Ligure dan Pontedera mengalami kerusakan hebat dan sulit dipulihkan.

Pada 23 April 1946 .Piaggio & C. S.p.A untuk pertama kalinya mendaftarkan temuan, model dan merek ke Kementerian Industri dan Perdagangan di Florence, untuk sebuah ‘sepeda motor dengan rasio kompleks akan organ dan elemen dengan bodi yang bersatu dengan kepet lumpur dan menutupi juga bagian menangkapnya. Dan dalam waktu singkat Enrico Piaggio telah berhasil memproduksi Vespa 98cc model pertamanya sebanyak 2.464 unit. Model bermesin 98cc menghasilkan 3,2 daya kuda @ 4.500 rpm dengan kecepatan puncak 60 km/jam

Sejak itu, telah lebih dari 150 model dikreasikan, termasuk versi dan varian Vespa, yang dibedakan dengan kode sasis khusus oleh Piaggio. Dan menjadi jejak evolusi teknis sebuah merek skuter yang paling terkenal.

Pada 1996, ketika Vespa ET4, 125 cc diluncurkan menjadi titik mula Vespa bermesin 4 langkah atau lebih berjuluk sebagai Vespa Moderen, tercatat telah lebih dari 20.000 modifikasi atas modelnya dan 1.500 komponen telah silih berganti dan berubah. (Rls/nm)

LEAVE A REPLY

*