H-D MT350: Versi Militer untuk Penghobi Adventure

0

HD-MT350c

Bandung (naikmotor) Varian langka Harley-Davidson versi militer untuk konsumsi adventure off-road salah satunya dimiliki urang Bandung.

Dilihat dari sejarahnya, H-D MT350 adalah hasil pengembangan Armstrong-CCM Motorcycles di Manchester, Inggris. Armstrong adalah spesialis penyuplai motor-motor berspesifikasi militer di antaranya memiliki Armstrong MT500. Nah, tahun 1987, mereka menjual desain dan produksinya ke Milwaukee, markas H-D.

Generasi pertama MT350 diproduksi tahun 1993, berlanjut hingga tahun 2000. Sebanyak 1.700 unit dikirim untuk mobilitas militer ke Inggris Raya, Jerman, Cyprus dan Negara-negara Teluk serta Timur Tengah.

Salah satu unitnya dimiliki biker Bandung, Jonni BS Nugroho, yang juga ketua HDCI Bandung. Selain gemar touring dengan H-D, Jonni juga doyan menjelajahi kawasan pegunungan, hutan, atau daerah terpencil lainnya dengan menggunakan jenis motor trail. Jonnie sangat girang luar biasa saat MT350 berhasil menghuni garasi rumahnya di kawasan Bandung Utara.

Kehadiran H-D MT350 dianggap mewakili karakter pria kelahiran Bandung, 30 November 1958 tersebut. Item istimewa yang jadi koleksi terbarunya ini, melengkapi beberapa motor jenis trail enduro berkapasitas besar buatan Eropa sekelas KTM hingga BMW.

“Beruntung saya bisa mendapatkan motor ini. Sejak saya miliki, MT350 tersebut saya siapkan untuk turut menjelajah pada berbagai event petualangan roda dua,” kata pengelola bisnis kuliner Suis Butcher Bandung ini.

Motor trail penjelajah buatan Amerika Serikat dengan spesifikasi militer ini ditegaskan dengan penampilan warna keseluruhan yang bersaput cat bernuansa green army.

Kendaraan dengan karakter dual purpose atau untuk kepentingan off-road dengan daya jelajah tinggi, didukung oleh kekuatan dapur pacu berkapasitas 348 cc 4-langkah, twin port, single cylinder OHC. Bore dan stroke 79.5 mm x 70.4 mm yang mampu menyemburkan tenaga 29.5 BHP pada 8000 rpm dengan torsi 27.9 NM pada 6500 rpm. Memiliki girboks dengan sistem transmisi 5-percepatan.

Kelengkapan lain adalah Battery 12volt/14 amp hour dengan alternator 190 watt. Motor penjelajah versi trail Harley-Davidson ini mengaplikasi sistem suspensi bagian depan dengan Marzocchi serta Ohlins twin untuk suspensi belakangnya.

Ciri military yang kental diwakili oleh rumah senapan laras panjang yang ditempatkan di sisi kanan bagian belakang dan tanki eksternal di bagian kanan depan. Ban yang digunakan adalah Metzeler Enduro ukuran 18 inci di belakang dan 21 inci untuk bagian depan melingkari velg Akront Magnesium. (dh/NM) Foto : dh

LEAVE A REPLY