12 Tips Berkendara di Musim Hujan

0
132

tipsRainy1

Jakarta (naikmotor) Bersepeda motor saat musim hujan, akan lebih banyak ritual yang harus dilakukan. Tidak sekadar memastikan kondisi motor fit, namun juga perlengkapannya.

Apa saja yang harus diperhatikan saaat berkendara di musim hujan? Berikut beberapa tips yang harus disiapkan :
1. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik.

2. Gunakan pakaian yang terang. Agar kita terlihat oleh pengguna lalu lintas  lainnya. Sebaliknya, pastikan visibilitas kita pun baik.

3. Pastikan semua fungsi motor bekerja dengan baik, terutama sistem rem. Usahakan sistem selalu kering.

4. Pastikan kembangan ban sepeda motor masih optimal, ban yang gundul akan bekurang atau hilang cengkeramannya di jalan basah.

5. Antisipasi dengan membawa jas hujan, gunakan model two piece, jangan pernah menggunakan model poncho. Banyak kecelakaan sepeda motor akibat poncho tersangkut ke rantai dan sproket, atau objek lainnya di jalanan.

6. Gunakan helm tertutup dan berkaca bening. Titik air saat hujan geimis sekalipun akan terasa seperti siraman pasir ke wajah.

7. Gunakan sepatu tertutup, model boot lebih baik, jangan bersandal, kaki yang kedinginan mengurangi respon, dan mudah tergelincir saat berhenti menahan motor.

8. Saat hujan deras, sebaiknya berhenti dan berteduh di tempat aman, hindari pohon atau billboard, menghindari bahaya roboh. Jangan berhenti di area-area yang mengganggu kelancaran lalu lintas.

9. Berkendara lebih waspada, respon lebih lembut dan tidak melakukan akselerasi atau pengereman mendadak.

10. Waspadai genangan, bisa menyembunyikan bahaya, lubang dalam dan tepian tajam. Rel kereta, dan marka jalan menjadi licin saat basah.

11. Hindari rute-rute yang berpotensi mengalami banjir, update informasi anda melalui situs-situs media sosial, atau institusi resmi seperti akun twitter NTMC @TMCPoldametro.

12. Pastikan bahan bakar cukup, antisipasi menghadapi kemacetan, yang biasa terjadi saat hujan. (af/NM)

LEAVE A REPLY

*