Free Drive Schaeffler, Bike by Wire Pertama

0
Free Drive Schaeffler
Free Drive Schaeffler, kayuhan pengendara menginput kontroler untuk mengeluarkan lsitrik ke motorhub. Foto: Schaeffler, new atlas

NaikMotor – E-bike umumnya menggunakan sistem gerak sabuk atau rantai, tetapi Schaeffler menggunakan generator untuk menginput motor penggerak. Free Drive Schaeffler ini menjadi inovasi penting di 2023.

Sebenarnya konsep Free Drive Schaeffler telah hadir sejak 2021, namun belum diterapkan ke model apa pun. Pada awal 2023, inovasi itu diterapkan untuk penggunaan komersial pertamanya, untuk model ebike komuter dan kargo.

Teknologi itu dikembangkan dalam kemitraan dengan spesialis penggerak listrik roda dua Heinzmann. Sistem Free Drive menggabungkan generator pada bottom bracket, motor hub belakang, baterai lithium, dan modul kontrol pada stang.

Jadi tidak ada penghubung mekanis antara crank depan/generator dan girset/motorhub belakang. Hanya kabel penghubung yang ada, itu pun melalui kontroler-baterai dahulu.

Rancangan demikian membuat model ebike bisa dirancang lebih bebas. Karena tidak ada soal ukuran rantai/sabuk demikian dengan penempatan crank. Sehingga perawatannya lebih mudah dibandingkan model dengan rantai/sabuk.

 

Baca Juga: Inovasi 2023: ChatGPT di eBike Urtopia, Jadi Navigator

Free Drive Schaeffler, Bike by Wire Pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here