Kemenperin Optimis Penggunaan Kendaraan Listrik Mampu Kurangi Emisi CO2

0
Kemenperin Optimis Kendaraan Listrik Mampu Kurangi Emisi CO2
Jubir Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif. Foto : Kemenperin

Pemerintah telah menyatakan komitmen pengurangan CO2 melalui National Determined Contribution (NDC). Komitmen transisi energi diwujudkan melalui kebijakan-kebijakan untuk menciptakan iklim investasi yang tepat bagi industri hulu.

Program peningkatan penggunaan kendaran listrik perlu didukung kebijakan lainnya untuk mewujudkan komitmen Net Zero Emission tahun 2060. Penyediaan sumber energi yang bersih dan menghasilkan EBT merupakan upaya bersama bangsa Indonesia.

Langkah untuk mewujudkan circular economy juga harus diambil, misalnya penggunaan kembali material-material yang digunakan untuk memproduksi kendaraan listrik.

Upaya mendorong adopsi massal kendaraan listrik merupakan langkah yang juga dijalankan di negara-negara lain untuk mengembangkan ekosistemnya.

Banyak negara telah menjalankan aturan terkait penggunaan kendaraan listrik. Namun, pandangan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan listrik masih merupakan salah satu tantangan.

“Masyarakat terbiasa menggunakan kendaraan dengan BBM dan infrastruktur yang sudah banyak tersedia. Perlu kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk mempercepat pengembangan ekosistem EV. Contohnya mempercepat pembangunan infrastruktur pengisian listrik, sehingga masyarakat tidak ragu lagi,” tutup Febri. (Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here