Fino Owner Indonesia Berlatih Cornering di Subang

0
153

FOI-Cornering-Subang_2

Subang (naikmotor) Mengasah skill dan pengetahuan berkendara, Fino Owner Indonesia mengadakan trackday di sirkuit Gerry Mang Subang.

FOI kembali mengadakan gathering sekaligus fun race melatih cornering di Gerry Mang Subang, awal Februari lalu. Pesertanya datang dari berbagai daerah di antaranya FOI Chapter Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon dan Purwokerto,

“Kami anak motor yang benar-benar mementingkan safety riding. Bukan cornering liar di jalanan yang membahayakan para pengguna jalan. Maka itu kami melakukannya di sirkuit,” tegas Ridho PJS Wakil Patih Nusantara dari FOI.

Ada tiga elemen penting yang harus dimiliki, yaitu S E E (Search, Evalute, Execute). Track day merupakan latihan untuk megasah ketiga elemen tadi, karena di sirkuit unsur safetynya lebih baik ketimbang di jalan raya.

Search adalah mengamati dan mencari potensi bahaya di sekeliling secara terus-menerus selama berkendara. Mengamati area depan, samping dan belakang melalui spion.

Evaluate adalah mengantisipasi dan membayangkan kemungkinan yang dapat terjadi secara terus menerus, jadi setiap langkah yang diambil ketika berkendara sudah dibayangkan dan ‘dihitung’ efeknya.

Execute alias eksekusi adalah gabungan dari mengatur kecepatan, mengatur posisi, memberi sinyal pada pengendara lain pergerakan motor dan manufer dan refleks yang terkorninasi.

Hujan mengguyur kegiatan FOI tersebut, maka kewaspadaan harus lebih ditingkatkan, “Ban dan settingan karburator sangat berpengaruh untuk para rider dalam kondisi hujan seperti ini, juga tidak boleh asal gas,” ujar Om Nis (Penasehat FOI) yang ikut hadir dan race bareng FOI.

“Selanjutnya kami akan buat acara Fun Race khusus pengguna Fino. Ya bisa di bilang Fino Race Day,” tutup Tyo, PJS Patih Nusantara FOI. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*