First Ride Vespa Elettrica, Fitur-fiturnya Bikin Harganya Fantastis

0

Test Ride Vespa Eletricca, ini Alasan Harganya Fantastis

 

Penyalaannya cukup mudah, ketika layar TFT muncul cukup menekan lama tombol start pada handle bar kanan sampai muncul tanda ready di sebelah kanan. Skuter listrik ini, memiliki 2 mode (Eco dan Power), namun tim naikmotor merasakan lebih menyenangkan ketika menggunakan mode Power. Juga dilengkapi juga mode reverse, yang dapat digunakan untuk bergerak mundur.

Saat menyalakan skuter akan ada animasi  Vespa pada layar TFT seperti pada Vespa kelas premium, GTS. Pengendara dapat memilih mode pada layar tersebut. Untuk mengganti mode cukup menekan sekali tombol start, maka akan berpindah antara mode Eco, Power, dan Reverse.

Mode Eco ketika digunakan perlu menarik tuas secara perlahan hingga berjalan, berbeda dengan mode power yang asik dan penuh tenaga ketika digunakan. Tim naikmotor merasa skuter listrik ini agak berat namun tidak terlalu sulit untuk bermanuver. Dalam penggunaannya apabila ingin mengganti mode dari Eco ke Power ternyata memungkinkan dalam perjalanan.

Mesin tidak akan berhenti, caranya cukup menekan tombol start satu kali setelah muncul indikator mode Power maka tekan lama hingga berhenti berkedip. Skuter listrik ini diklaim dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode Eco, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode Power.

Elettrica juga dilengkapi sistem regeneratif, pengisian baterai kembali dengan memanfaatkan putaran motorhub yang berubah menjadi generator saat deselerasi. Hal ini karena adanya fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Dalam mode Power, pengendara dapat mencapai kecepatan hingga 67-70 km/jam sedangkan ECO membatasi kecepatan hingga 40 km/jam. Mode power tidak akan berfungsi ketika baterai hanya 20%, fitur ini tentu penting agar jangkauan lebih efisien saat defisit daya.

Sebagai informasi, Elettrica tidak dapat menggunakan mode power ketika baterai di bawah 20%. Alasan dibalik beratnya juga terdapat baterai seberat 25kg yang terletak di tempat penyimpanan di bawah jok. Tempat penyimpanannya juga cukup besar untuk menaruh helm bawaan Elettrica.

Fitur lainnya pada skuter listrik ini adalah engine stop, apabila pengendara memiliki anak yang senang menarik tuas stang. Ketika fitur ini dinyalakan, maka skuter listrik ini tidak akan bergerak. Untuk menyalakan fitur ini cukup menggeser tombol engine stop ke kiri, apabila ingin dikembalikan maka cukup menggeser ke kanan.

Selanjutnya, terdapat fitur menarik yaitu membuka jok dengan kunci yang ditekan lama hingga terdengar suara bahwa jok telah terbuka. Bisa juga dengan menekan tombol di dekat kunci skuter ini.

Skuter listrik ini dilengkapi sejumlah teknologi seperti Vehicle Management System (VMS), Kinetic Energy Recovery System (KERS), Smart Charging, Combine brake system serta konektivitas canggih dengan dashboard interaktif. Vespa Eletricca dibanderol yang cukup fantastis yaitu  Rp 198 juta untuk harga OTR Jakarta.

Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia, mengatakan, ” Vespa Elettrica memberikan promo berupa cicilan 0% selama 2 tahun. Jika ada konsumen yang ingin membeli secara cash akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 32,5 juta rupiah. Selain itu, harga yang tertera untuk skuter ini dipengaruhi oleh fitur, teknologi, kemudian juga terdapat PPnBM dari pemerintah.”

Selain media, Piaggio Indonesia juga membuka kesempatan untuk masyarakat umum yang ingin mencoba mulai Jumat (25/08/2023) hingga Minggu (27/08/2023). Calon konsumen yang ingin mencoba tentunya perlu memerhatikan kelengkapan berkendara dan surat izin mengemudi ditambah mengisi formulir persetujuan. (Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here