10 Tips Merawat Helm Sepeda Motor, Agar Tidak Kotor dan Bau

0

10 Tips Merawat Helm Sepeda Motor, Agar Tidak Kotor dan Bau

Berikut adalah tips perawatan helm agar tetap dalam kondisi yang nyaman ketika digunakan, yaitu:

  1. Bersihkan lapisan luar helm dan kaca yang kusam atau terkena kotoran. Bersihkan menggunakan kain microfiber basah dan sabun helm khusus.
  2. Hindari penggunaan pembersih kaca pada visor helm karena bisa merusak polikarbonat dan mengurangi kejernihan visor.
  3. Gunakan cotton bud untuk membersihkan lubang ventilasi pada helm agar sirkulasi udara tetap lancar dan terhindar dari kotoran.
  4. Lap lapisan tengah helm dengan kain microfiber kering. Hindari penggunaan air untuk mencegah kerusakan pada styrofoam dan pertumbuhan jamur.
  5. Lapisan dalam helm yang dapat dilepas perlu direndam dan dicuci dengan lembut menggunakan tangan. Jangan gunakan sikat. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan menjemur. Hindari pemanasan berlebih yang dapat merusak busa helm.
  6. Gunakan air hangat dan shampo khusus atau sabun untuk membersihkan lapisan dalam permanen pada helm. Pastikan helm berada dalam posisi seperti saat digunakan, jangan terbalik. Buka visor tanpa melepasnya dan gunakan jari untuk menggosok lapisan dalamnya. Setelah itu, bilas helm hingga bersih dan tekan perlahan busa helm untuk menghilangkan kelebihan air sebelum dikeringkan.
  7. Olesi engsel helm, seperti engsel tali helm dan engsel visor, dengan pelumas helm atau baby oil untuk menjaga agar engsel tetap berfungsi secara optimal.
  8. Setelah membersihkan helm agar tetap terjaga kualitasnya, gunakan pelapis khusus helm untuk menjaga kilau dan kualitas cat helm tetap terjaga.
  9. Gunakan helmet liner atau helmet cup untuk mengurangi penyerapan keringat pada lapisan dalam helm. Hal ini mencegah bau tak sedap, jamur, dan menjaga kualitas busa helm.
  10. Jangan langsung menyimpan helm yang lembab di dalam tas karena bisa menyebabkan bau tak sedap dan pertumbuhan jamur.

Menurut Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motor (DAM), bahwa sebaiknya membersihkan helm minimal 1 bulan sekali. Namun apabila helm dipakai setiap hari maka sebaiknya helm dibersihkan 1 minggu sekali. (Awang/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here