KTM Keluar Dari Bursa Saham

0
32

KTM_AG
KTM AG Headquarter. Foto: KTM

Mattighofen (naikmotor) – Cross Industries mengumumkan rencana mengeluarkan KTM dan WP Suspension dari Vienna Stock Exchange.  Sebagai kebijakan strategi korporasi.

Cross Industries memiliki saham dominan pada KTM AG, akan menarik saham publik pada pabrikan sepeda motor pada rapat pemegang saham 21 April 2016. Saham KTM AG pertama ditawarkan ke publik pada 6 Agustus 2012, dan ketika mengkuisisi WP pada 10 April 2015.

Menurut pihak Cross Industries, penarikan KTM dan WP agar struktur pasar modal lebih ramping. Sebab, penarikan itu juga tak terlalu berpengaruh pada kepemilikan saham kedua perusahaan, karena nilai saham publik hanya 0,6% pada KTM dan WP hanya 0,29%.

Cross Industries memegang saham dominan dengan 99,71% pada WP Suspension dan 54,1% pada KTM. Saham KTM sebesar 48% dimiliki Bajaj Auto India.

Dalam pembelian saham publik itu, Cross Industries menawarkan Euro122,5 per lembar saham KTM. Harga saham ditentukan oleh harga rata-rata saham KTM dalam 6 bulan terakhir. Sementara untuk WP ditawarkan Euro18 per lembar saham, dengan nilai 20,14% lebih tinggi dibandingkan harga rata-ratanya.

Para pemegang saham yang tidak sepakat dengan penawaran boleh melanjutkan kepemilikannya meski telah keluar dari pasar bursa Wina.  Chief Executive Officer KTM, Stefan Pierer juga mengontrol Cross Industries, dan juga akan memimpin di sana. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*