Begini Menghindari Kerusakan Baut Tap Pelumas, Jika Mengganti Pelumas Sendiri

0

AHM Oil Kemasan 650ml

Sebelumnya juga perlu diperhatikan, untuk setiap mengganti oli mesin selalu mengganti washer dengan yang baru sesuai dengan ukuran washer standar. Lakukan pembersihan lubang atas dan bawah juga stik dari kotoran debu dan oli sisa. Pastikan juga mesin dipanaskan sebelum mengganti oli atau dikeluarkan dari oli mesin.

​Berikut menghindari kerusakan baut tap pelumas:

​Bersihkan Baut Tap Pelumas
Saat mengganti pelumas, simpan tutup pelumas mesin di tempat yang bersih. Jika disimpan di lantai biasanya nantinya terdapat kotoran yang menempel. Selanjutnya bersihkan baut pelumas menggunakan bensin dan sikat sampai bersih, jangan sampai ada kotoran yang menempel terutama di bagian ulirnya.

​Pasang Baut Pelumas Menggunakan Tangan
Saat menutup baut pelumas, jangan langsung menggunakan kunci ring, tapi putar dengan tangan terlebih dahulu. Untuk bisa meraba posisi yang pas dan presisi sehingga tidak miring.

​Jangan Miring
Pastikan saat mengganti pelumas, posisi sepeda motor dalam keadaan tegak menggunakan standar tengah. Dan saat membuka dan menutup baut pelumas harus dalam keadaan tegak lurus dan jangan sampai miring.

​Posisi baut pelumas yang miring bisa berpotensi merusak bagian ulir sehingga tidak menutup sempurna yang menyebabkan pelumas rembes. Jika hal tersebut terjadi solusinya harus ganti crankcase mesin atau dibubut sehingga menjadikan pengeluaran biaya perbaikan yang lebih besar.

​Jangan Terlalu Kencang
Jangan terlalu kencang saat menutup baut pelumas karena bisa menyebabkan kerusakan di bagian baut dan juga crankcase, dan ring yang biasanya menyatu dengan baut jangan sampai tertinggal karena berfungsi untuk mencegah kerusakan tersebut. Ketika mengencangkan diusahakan menggunakan​torque wrench dengan standar kekencangan contoh matic 24 N.M, untuk model kekencangan berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here