Kaca Helm Shoei CWR-1, Gelap & Terang Otomatis

0
234

Shoei_CWR_1
Shoei CWRE-1 kacanya bisa gelap dan terang otomatis. Foto: motorcyclist

Tokyo (naikmotor) – Teknologi photochromic telah diterapkan beberapa tahun lalu untuk helm sepeda motor. Pabrikan helm Shoei pun awalnya telah menerapkannya pada model RF1200. Teknologi yang membuat transisi otomatis gelap terang pada kaca helm.

Ketika kaca helm terekspos cahaya matahari kaca akan menggelap, dan sebaliknya menjadi terang saat cuaca gelap.

Cara kerja photochromic adalah, molekulnya akan bereaksi terhadap sinar ultraviolet, sehingga ketika sinar matahari menerpa kaca, molekul tersebut akan bereaksi secara kimiawi, dan berubah bentuknya. Sebagai hasilnya, kaca helm berubah menjadi gelap.

Shoei tidak sendirian memproduksi kaca berteknologi photochromic itu, mereka menggandeng Transitions, yang sekaligus menjadi nama dagang kaca photochromic itu. Pada model Shoei CWR-1 penerapan teknologinya tak jauh berbeda, jika digunakan saat pagi hari, kaca agakbgelap dan semakin gelap ketika matahari semakin terik. Dan kaca perlahan menjadi terang seiring menghilangnya matahari, proses berlangsung tak kentara dan mulus.

Kaca helm Shoei CWR-1 dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2,21 jutaan. Padahal kaca standarnya, hanya Rp 720 ribuan. Harga sebuah teknologi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*