Kawasaki Masih Dijagokan di WSBK Thailand 2016

0
37

Kawasaki_Racing_Team_WSBK_2016
Kawasaki diprediksi suilit ditaklukkan pada WSBK Thailand 2016. Foto: WSBK

Buriram (naikmotor) — Berharap ada persaingan yang lebih ketat di putaran kedua World Superbike Championship (WSBK) Thailand yang bakal berlangsung akhir pekan ini (13/3), mungkin saja terjadi. Namun perlu untuk diperhatikan, bahwa karakter sirkuit ini menuntut performa motor yang sempurna.

Berbeda dengan karakter sirkuit Phillip Island, Australia yang lebih natural dan menuntut skill terbaik pembalapnya, di Chang International, Thailand lebih kepada paduan terbaik antara performa motor, skill dan kepercayaan diri pembalap.

Tahun lalu, kita bisa melihat betapa superiornya seorang Jonathan Rea dalam menyelesaika dua balapan langsung. Meski di tahun pertamanya menunggangi Kawasaki, namun Ia tampil tak bercelah. Sehingga sulit bagi pembalap lain untuk menembus pertahanannya. Bahkan Ia sudah tampil sempurna sejak sesi kualifikasi superpole sehari sebelumnya.

Tahun ini, ada pelapisan ulang di beberapa bagian sirkuit untuk membuat kondisinya lebih sempurna. Namun itu hanya butuh beberapa saat untuk membuat kondisinya lebih baik. Diprediksi, catatan lap tercepat jika kondisi trek berada dalam temperatur normal kering, bisa menembus 1 menit :32 detik.

Tim kedua yang diprediksi bisa melejit dari hasil sesi latihan adalah tim Honda Racing. Meski tahun lalu mereka meraih hasil di luar 5 besar, namun paket terbaik tahun ini menjadi cerminan bahwa mereka bisa mulai pasang strategi menyerang. Sementara Aprilia yang tahun lalu tampil kompetitif bersama Leon Haslam, tahun sepertinya bakal absen di posisi 10.

Pasalnya Alex de Angelis dan Lorenzo Salvadori yang didapuk sebagia penunggangnya, tak kunjung kompetitif. Padahal tim ini adalah purnawirawan di balap MotoGP 2015. Sayang, Aprilia tak menjadikannya sebagai tim pabrikan sehingga perlakuannya ke tim milik Giampiero Sacchi ini hanya sebatas konsumen yang membeli paket motor balapnya.

Patut diwaspadai adalah duo pembalap Yamaha. Jika mereka bisa menemukan performa terbaik di sesi kualifikasi, bukan tak mungkin kedua pembalapnya bisa meraih hasil memuaskan di sesi balap nanti. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*