Terganjal Regulasi, Ducati Batal Tes GP16 Bareng Stoner di Qatar

0
33
Stoner-Batal-Tes-Qatar-2016
Ducati batal menguji GP16 bersama Casey Stoner di Losail Qatar akibat terbentur regulasi. Foto: Ducati

Losail (naikmotor) – Sebelumnya telah kami kabarkan mengenai terancamnya sesi tes privat Ducati bareng Casey Stoner (Tes Privat Stoner di Qatar Terancam Dihapus oleh Dorna). Ternyata hal itu benar adanya.

Tepat pada Jumat (4/3/2016), Dorna Sports menegaskan bahwa 14 hari sebelum mengawali musim balap MotoGP, tak dibolehkan ada pengetesan di sirkuit yang sama, dalam hal ini Losail di Qatar.

Dalam regulasi resmi yang tertuang dalam sporting regulation MotoGP, menyebutkan, “Test rider bisa melakukan pengetesan motor di mana saja dan kapan saja. Menggunakan alokasi ban khusus untuk pengetesan. Namun tidak diperbolehkan melakukan pengetesan di sirkuit yang sudah diautorisasi oleh pihak penyelenggara 14 hari sebelum event berlangsung.”

Sebelumnya, Ducati memang sudah berencana melakukan tes privat di sirkuit Losail sebelum tes resmi pra musim terakhir di sana memacu Desmosedici GP16. Namun ada pengunduran waktu dan disepakati setelah tes resmi, tepatnya pada Minggu dan Senin (6-7/3/2016). Dan ternyata itu tak sesuai dengan regulasi serta penyelenggara pun berhak untuk menolak sesi tes privat tersebut.

Ducati pun menarik mundur keinginan pengetesan ini. Mereka secara resmi menegaskan pembatalan dengan merilis keterangan resminya.

“Kami memang menjadwalkan sesi tes pada tanggal 6 dan 7 Maret, tapi regulasi yang ada memang sudah secara jelas melarang itu. Kami sendiri sempat salah memahami penetapan tanggal tersebut,” tulis keterangan dari Ducati dikutip dari Crash.net.

Meski sudah jelas tak ada sesi tes khusus, namun Ducati juga menolak anggapan bakal menurunkan Casey Stoner untuk pengetesan pada hari terakhir. “Kami tidak pernah menyiapkannya untuk turun di hari terakhir sesi tes. Jadi itu tidak akan terjadi.” (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*