Jelang Honda Modif Contest 2016: Honda CBR150R Cafe Racer Silver Hawk

0
604

HMC-2015---Moto-Project-CBR-150-#1
Modifikasi Honda All New CBR150R bergaya cafe racer garapan Honda Moto Project oleh pemenang HMC 2014. Foto: HMC

Bandung (naikmotor) – PT Astra Honda Motor tidak hanya sekadar memberikan apresiasi kepada pemenang Honda Modif Contest, namun juga edukasi bagaimana merancang modifikasi motor yang benar. Semuanya terangkum dalam Honda Moto Project.

Apa sih Honda Moto Project? “Sebuah proyek mengembangkan kreasi putra bangsa dalam memodifikasi motor yang turut menggandeng pihak akademis, yaitu Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung,” ujar Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis PT AHM.

Honda Moto Project diadakan 2015 lalu untuk mengedukasi para pemenang Honda Modif Contest 2014 yakni Alfando Happy Kurniawan, Juara Nasional FFA dari Bali, Dwiki Aditya Suryanto, Juara Bebek/Sport asal Pati dan Syaiful Anwar, Juara Nasional Matic asal Banjarmasin. Mereka dikawal oleh Indra Pranajaya dari Razzle Dazzle Chopper Works (RDCW)selaku Chief Advisor kemudian Amirul Nefo dari Itenas, Lulut Wahyudi dan Fred Soritua Rudiyanto (Kepala Program Studi Desain Produk Itenas)

Mereka diajak memodifikasi 3 unit motor, yaitu Honda All New CBR150R, Honda All New Vario 150esp, serta Honda New Sonic.

Alfando Happy Kurniawan dari B-Custom Denpasar di Honda Moto Project mendapat kesempatan merancang All New Honda CBR 150R bergaya cafe racer. “Berhubung saya sedang menyukai gaya modifikasi classic-custom, saya coba membangun motor café racer berbasis All New CBR150R,” sebutnya.

HMC-2015---Moto-Project-CBR-150-#10

Di bawah asuhan Indra ‘Bluesman’ Pranajaya yang juga salah satu dedengkot chopper di Bandung, Alfando dibawa menelusuri gaya klasik dari cafe racer.

Berbeda dengan umumnya modifikasi modern yang menyanjung pewarnaan mengilap dengan kelir motif beraneka warna, maka cafe racer bertajuk Silver Hawk ini menganut steam-punk sebagai paintwork-nya.

Garapan apik pelat galvanis karya RDCW yang dirancang seperti bodi pesawat dipadu logo khas angkatan udara Amerika di kedua sisi tangki membuatnya tampil eksentrik. Sapuan gambar freehand di kedua sudut di bawah tangki makin mendeskripsikan aroma custom klasik kental.

Meski demikian, gaya custom modern tetap dilekatkan antara lain terekam dari desain lampu depan yang menambah tampangnya unik. Jadi jelas, untuk membuat tampilan berbeda, tidak perlu harus ekstrem sampai memotong sasis. Namun, dengan konsep desain yang kuat, material berkualitas, pengerjaan yang rapi serta finishing dan perpaduan antarkomponen harmonis, sosok cafe racer ini sangat jauh dari tampilan standar sportbike All New CBR150R.

Inilah yang namanya perpaduan antara kajian akademis, bakat dan pengalaman yang antara lain diberikan kepada modifikator di Honda Moto Project.

Akankah muncul modifikasi-modifikasi unggulan lainnya di Honda Modif Contest 2016? Kita lihat nanti 5-6 Maret 2016 di Bandung sebagai kota pembuka dari 14 kota penyelenggaraan HMC 2016. (Arif/nm)

Data Modifikasi
Honda All New CBR 150R 2015
Pelek   Rossi 2.50 x 17 inci (depan); 3.50 x 17 inci (belakang)
Ban     Zeneos 120/70-17 (depan); 160/60-17 (belakang)
Fork depan   Custom, upside-down
Knalpot   RDCW
Headlamp   Custom
Bodi   RDCW, bahan galvanis
Paintwork  RDCW & A2R, painting material polyurethane
Forward Control  Custom by RDCW

 

LEAVE A REPLY

*