Ini Penjelasan “Kembangan” Unik Ban Aspira Premio

0
3616

AspiraPremio-1
ban Aspira Premio hasil kolaaborasi PT Astra Otoparts dan Pirelli. Foto: Afid

Jakarta (naikmotor) –  Ban Aspira Premio produk perusahaan joint venture Pirelli bersama PT Astra Otopart yang dracik oleh PT Evoluzione Tyres. Dihadirkan dalam tiga tipe Urbano, Sportivo, dan Sportivo RS yang diluncurkan di Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2016).

Ternyata, memiliki pattern (kembangan) unik dan orientasi (arah) yang berbeda antara ban depan dan belakang. “Hanya beberapa pabrikan yang menawarkan produk demikian. Perbedaan direction pattern ban depan dan belakang, untuk menjaga performa motor, di segala kondisi baik cuaca basah maupun kering, dan terpenting mendukung keselamatan berkendara,” klaim Yusak Kristian, direktur PT Astra Otoparts, Tbk.

“Ban memiliki tread pattern unik yang mirip satu sama lain mulai dari tipe Urbano, Sportivo hingga Sportivo RS. Tread pattern berkarakter A dan rib, sehingga memudahkan konsumen mengenalinya,” jelas Alessandro Monzani, research and development PT Evoluzione Tyres.

Tipe Urbano yang diperuntukkan penggunaan harian, tread pattern dirancang untuk segala cuaca, dan segala permukaan jalan. Direction and number groovenya didesain untuk memaksimalkan pembuangan air.

Ban untuk bagian depan dan belakang memiliki tread dan orientasi berbeda memaksimalkan efisiensi, mengurangi keausan. Soal performa sesuai peruntukkannya, ban bagian depan untuk optimalisasi pengereman, memecah lapisan air di permukaan lajur ban dan membuka celah air yang akan menjadi lajur ban belakang. Sehingga ban belakang akan lebih optimal dan menjalankan fungsi untuk akselerasi dan traksi.

Rancangan arah groove disesuaikan dengan gaya yang bekerja yang memang bertolak belakang antara ban depan dan ban belakang. Dengan fungsi ban belakang yang menitik beratkan pada traksi maka treadnya bisa lebih slick daripada ban belakang. Sehingga grip pada jalan masih optimal baik saat jalan basah maupun kering.

Sementara kompon didesain untuk masa pakai lebih lama dan tahan abrasi. Dan konstruksinya untuk menyerap impact serta meminimalkan efek guncangan jalan tak rata, untuk memaksimalkan kenyamanan.

AspiraPremio-2

Tipe Urbano memiliki groove yang dalam dan pola V yang mekar dan bagian bawah agak rapat, agar pembuangan air tetap optimal dalam kecepatan rendah. Pada tipe Sportivo untuk enjoy riding jarak jauh. Tread pattern didesain untuk meningkatkan performa, pola V lebih lurus dan bagian bawah pola agak renggang untuk pembuangan air yang optimal dalam kecepatan tinggi. Groovenya lebih dangkal daripada tipe Urbano. Sementara konstruksi kompon lebih soft daripada tipe Urbano, untuk mengoptimalkan grip dan keselamatan berkendara dalam kecepatan tunggi.

Sayangnya, Monzani tidak menjelaskan lebih lanjut teknologi apa yang diterapkan pada konstruksi dan kompon ban. “Itu rahasia pabrik, tapi yang jelas, silika, rubber dan material lainnya kita blending dengan bahan lainnya, semua dari vendor lokal. Racikannya disesuaikan dengan karakter optimal tiap tipe ban,” tutupnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*