Ban Aspira Premio Goda Biker Tanah Air dan Malaysia

0
122

AspiraPremioRilis
Ban Aspira Premio tidak hanya untuk pasar lokal namun juga ekspor. Foto: Dok. NMC

Jakarta (naikmotor) – Dalam hitungan PT Astra Otoparts kebutuhan ban replacement meningkat dari tahun ke tahun seiring meningkatnya populasi sepeda motor yang kini mencapai 80 juta unit di Indonesia. Sehingga kebutuhan ban replacement pun meningkat pada 2014 tercatat 33,7 juta, pada 2015 37,2 juta dan tahun 2016 diperkirakan 40, 8 juta hingga 2017 sekitar 44,1 juta.

Melihat peluang tersebut Pirelli bersama PT Astra Otoparts bersama Pirelli mendirikan perusahaan joint venture PT Evoluzione Tyres, yang memproduksi ban baru, Aspira Premio. Produk dengan tiga tipe itu, Urbano, Sportivo, dan Sportivo RS diluncurkan di Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2016).

“Aspira Premio didesain dan dikembangkan dari blank paper, atau dari nol dengan sumber daya Pirelli dan Astra Otoparts. Mulai diproduksi sejak tahun lalu di pabrik PT Evoluzione Tyres di Kalijati, Subang. Pabrik patungan 60:40 antara Pirelli dan Astra Otoparts tersebut mampu memproduksi ban hingga 7 juta unit per tahun, ” kata Yusak Kristian, direktur PT Astra Otoparts, Tbk.

“Produk dirancang dan dikembangkan selama setahun penuh di Indonesia, sebelum diproduksi, agar sesuai dengan kondisi di sini dan sudah dikomparasi dengan kompetitor lainnya,” sambung Rio Sanggau, sales and marketing division head PT Astra Otoparts, Tbk.

“Pengujian untuk safety memang dilakukan di lab, sebab banyak parameter yang akan sulit ditemui di jalanan,” jelas Alessandro Minzani, R&D PT Evoluzione Tyres. “Sementara bahan baku diusahakan sepenuhnya dari supplier lokal, agar cost bisa ditekan dan harga kompetitif. Tetapi produk tentu memiliki standard kualitas yang tinggi Pirelli,” tegas Yusak.

“Produk kini sudah kita kirim ke Malaysia, berikutnya pasar Asia lainnya. Dan khusus dalam negeri selain retail umum, produk akan kita tampilkan dalam konsep retail Shop and Bike yang sedang kita bangun di Ciledug sebagai percontohan,” tutup Yusak. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*