Tes Pra Musim MotoGP di Phillip Island, Bakal Fokus ke Ban

1
27
banMichelin
Casey Stoner pembalap tes Ducati. Foto: Ducati

Phillip Island (naikmotor) — Ada fakta menarik tentang tes pra musim MotoGP 2016 yang bakal berlangsung mulai hari ini Rabu (17/2) hingga Jumat (19/2) di Sirkuit Phillip Island, Australia. Hal pertama adalah absennya Casey Stoner, kehadiran Jack MIller yang kabarnya sudah fit dari cederanya, dan terakhir adalah fokus pengetesan pada ban Michelin.

Untuk alasan yang pertama adalah ketidak-hadiran Casey Stoner, sebenarnya bukan karena Ducati tak ingin terlalu fulgar memberikan sinyal pada pembalap asal Australia itu. Namun lebih kepada fokus pengetesan di sirkuit tersebut.

“Sirkuit itu memiliki karakter yang alami, bukan bentukan dan kreasi dari desainer sirkuit untuk mengeksplorasi performa dan mengetahui hasil riset yang telah kami lakukan seusai tes Malaysia awal Februari. Karena hal tersebut, membuat kami tak ingin beralasan terlalu banyak dan tak mengalokasikan Stoner di sana,” ujar Gianluigi Dall’Igna selaku Direktur Teknis di Ducati.

Gigi (sapaan akrab Gianluigi Dall’Igna) pun menegaskan bahwa mereka bakal fokus pada menyiasati dan mengadaptasi sistem ECU mereka ke penggunaan ban Michelin. Apalagi sirkuit ini memang terkenal cukup abrasif pada kondisi cuaca normal seperti sekarang ini.

Hal ini pun disepakati langsung oleh  Jorge Lorenzo. Sang juara dunia MotoGP 2010, 2012 dan 2015 itu berharap bisa membuktikan performa sempurna dari Michelin di sana.

“Kondisi cuaca yang lagi hangat di Australia membuat kami bisa melakukan pengetesan maksimal. Ini akan sangat penting bagi uji coba ban. Lantaran di sirkuit ini kami pernah mengalami masalah besar pada penggunaan ban yang cepat overheat. Semuanya cepat berubah, makanya penting untuk menjaga ritme terbaik.”

Sekadar informasi, tahun 2013 lalu adalah tahun terburuk performa Bridgestone dalam memasok ban di MotoGP. Kondisi permukaan aspal di Phillip Island yang sangat abrasif dan panas saat itu, membuat Race Director mewajibkan semua pembalap melakukan pit stop. Sehingga Australia masuk dalam kalender pengetesan pra musim di MotoGP. (Spy/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*