IOX JOLI 2016 Day 4: 4 Km yang Menohok di Gunung Popok

0
138

IOXJOLI2014-5
Pada hari keempat IOX JOLI 2016 Dirtbike mendapatkan suguhan lintasan yang berat di sekitar Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Foto: Arif & IOX

Wonogiri (naikmotor) – Melanjutkan ekspedisi di hari keempat Indonesia Offroad eXtreme Jogjakarta-Bali (IOX JOLI) 2016, para peserta hanya disuguhi trek sepanjang 4km saja, namun penderitaannya dirasakan sepanjang jalur Selasa (16/2/2016).

Hari keempat, Selasa (16/2/2016) para peserta dirtbike meninggalkan Dusun Susukan sebagai basecamp 3 setelah dijamu warga setempat menuju kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur berjarak 4 km.

Sebelum berangkat, kami sempat disuguhi sarapan lezat di rumah Lurah Susukan yang diinapi malamnya. Ya, IOX salah satunya memang bertujuan mendekatkan diri antara offroader dengan masyarakat. Kehadiran para offroader di Susukan sontak menjadi pusat perhatian masyarakat dan mereka pun dengan tangan terbuka menyambutnya. Menyediakan lahan halaman untuk dibangun tenda hingga ruangan menginap di rumah termasuk menyiapkan hidangan. Seperti itu esensi yang sebenarnya diharapkan dengan adanya ekspedisi IOX ini.

IOXJOLI2014-4

Kembali ke trek, ekspedisi di Day 4 ternyata mulai menyuguhkan tantangan sesungguhnya. Aroma IOX mulai tercium dari jalur tanjakan dan turunan terjal dengan kontur tanah liat dan bebatuan. Cukup? Tidak. Masih ada akar pohon yang melintang menghalangi jalur dengan tepi jurang.

Alur air, bebatuan berlumut adalah jebakan yang membuat para offroader harus menghabiskan stamina dan juga skill sepanjang 4 km. Jalur technical menjadi menu utama mereka setelah di hari ketiga sebelumnya banyak bermain fun offroad.

“Hari keempat IOX ini mulai ekstrem. Kita start dari jam 8 pagi dan keluar trek Maghrib. Kita perlu ekstra hati-hati melewati akar pepohonan dan di samping kita jurang. Belum lagi batu yang licin. Kita keluar trek saja masih ada peserta lain di dalam, ” ujar Mufti, salah satu peserta asal Bogor yang tergabung di tim Buaya.

Beratnya medan, membuat peserta yang berhasil lolos keluar sampai meminta bantuan masyarakat setempat untuk mengirimkan makanan bagi offroader lain di dalam trek.

IOX adalah ajang untuk menguji kekompakan, respect dan tentunya mental baja dalam menghadapi tantangan.

IOXJOLI2014-1

Serunya lagi, penderitaan di jalur Gunung Popok tersebut diwarnai hujan deras di sore hari hingga menyulitkan mereka untuk keluar lebih cepat.

Sampai pukul 22.00, peserta masih ada yang baru masuk basecamp di Waduk Gajah Mungkur. Dan inilah, bukti dari panitia IOX JOLI 2016 Dirtbike untuk menyajikan trek bervariasi sesuai format ekspedisi. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*