ECU Baru untuk Kawasaki ZX-10R WSBK 2016

0
109

kawasakiZX10RWSBK2016
Kawasaki ZX-10r WSBK 2016 tunggangan Jonathan Rea dan Tpom Sykes dibekali ECU baru. Foto: Kawasaki

Barcelona (naikmotor) — Ada yang berbeda ketika peluncuran Kawasaki Racing Team  di Barcelona, Spanyol (11/2/2016. Yaitu livery motor Kawasaki ZX-10R WSBK 2016 milik Jonathan Rea dan Tom Sykes yang tahun lalu punya livery lebih cerah, tahun ini dibikin lebih sangar dengan dominan warna hitam dan hijau.

Motor terbaru ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Mengingat tidak ada perubahan besar pada regulasi di ajang balap motor produksi massal tersebut.

“Memang teknologi yang kami gunakan di ajang balap ini sudah sangat baik. Tapi ada riset terbaru yang kami siapkan pada perangkat lunak ECU tahun ini. Hasil riset itu memperbaiki setup motor terutama pada reaksi motor pada perlakuan pembalap. Artinya karakter motor yang akan menyesuaikan dengan pembawaan pembalap,” ujar Yoshimoto Matsuda, selaku Project Leader mesin terbaru Kawasaki.

Alasan mengeluarkan sistem perangkat lunak yang mampu memahami gaya pembalap memperlakukan motor mereka tentunya terkait dengan keluhan Tom Sykes pada ketidak sesuaian karakternya dengan motor tahun lalu. Setelah Kawasaki memberikan motor terbaru di sesi tes awal tahun di Jerez, Spanyol pada Januari lalu, sebaliknya justru Jonathan Rea lah yang merasa tak kompetitif dan Sykes jadi sangat kuat.

Teknologi ini mirip dengan cara kerja adaptive software di ajang balap MotoGP. Tapi hasil riset yang dilakukan oleh Kawasaki lebih di atas dari itu. Mengingat balap di WSBK memang tidak membatasi penggunaan ECU dan software-nya. Sehingga Kawasaki bisa sangat mengeksplorasi kemampuan riset mereka di zona ini. Apalagi memang bakal dijual ke konsumen.

Sekarang tinggal melihat kompetitifitas mereka di ajang balap WSBK yang bakal berlangsung dua pekan mendatang di putaran pembuka WSBK Australia. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*