Kualitas Ban Michelin dan Helm Shark Membuat Lorenzo “Pede”

1
82

JorgeLorenzoTesSepang2016
Jorge Lorenzo bersiap tunggangi Yamaha M1 2016 saat tes pramusim MotoGP 2016 di Sepang. Foto: Yamaha

Selangor (naikmotor) – Jorge Lorenzo tampil perkasa di tes pramusim MotoGP di Malaysia (1-3/2/2016). Beberapa faktor mendukung Lorenzo untuk meluncur dengan apik dan raih catatan waktu terbaik sebagai bekal rasa percaya diri (pede) mengarungi musim balap tahun ini.

Dalam tiga hari berlangsungnya tes, Lorenzo tampil konsisten dengan mencatatkan waktu tercepat di hari pertama dan terakhir, sementara di hari kedua ia hanya melorot satu peringkat ke urutan dua. Manajer tim Lorenzo, Wilco Zeelenberg mengungkap beberapa faktor penunjang performa brilian dari pembalap berambut cepak itu.

Penggunaan ban Michelin di musim 2016, membuat mayoritas pembalap sulit beradaptasi dengan karakter ban baru tersebut. Namun, kepiawaian Lorenzo untuk mengenal lebih cepat karakter ban, membuatnya melesat lebih cepat dari pembalap lain.

“Ya, feeling bagus Jorge (pada motornya) selaras dengan penyempurnaan ban Michelin. Pada tes di Valencia tahun lalu, kami menggunakan ban yang berbeda. Mereka (Michelin) benar-benar berbenah selama musim dingin. Karena itu, performa mesin pun dapat dikuasai tidak seperti  saat (tes) di Valencia,” Ucap Wilco seperti dikutip dari Speedweek.

Jorge adalah pembalap yang memiliki kecepatan sangat tinggi saat melibas tikungan, dengan kemiringan tajam. Dengan ban baru Michelin, ia tidak bisa menikung seperti saat menggunakan ban dari produsen terdahulu. Di sisi lain, ban Michelin memberikan performa yang lebih baik saat motor berakselerasi. Saat melewati mid-corner pun, Yamaha M1 tunggangan Lorenzo tidak kehilangan kecepatan drastis, hanya saja kemiringan motor menjadi lebih terbatas.

Motor baru Yamaha melaju dengan baik bersama Lorenzo dan menjadi sangat kompetitif. Walaupun baru melewati rangkaian tes pramusim, pembalap yang akan berusia 29 tahun di tahun 2016 ini, sangat fokus menjalaninya.

Di samping motor yang baik lajunya, Lorenzo juga merasa puas dengan helm barunya. Shark memberikan helm dengan aerodinamis yang bagus untuk juara dunia 3 kali MotoGP tersebut. Saat melaju dalam kecepatan tinggi, helm tidak bergoyang dan memberikan penglihatan yang memadai, khususnya saat menerobos hujan. “Saat ini, ia (Lorenzo) tidak menemukan kekurangan pada helm Shark,” tukas Wilco. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*