Mengintip GSX-RR Untuk MotoGP 2016

0
103
Nyalakan-Nyali-Suzuki-Ecstar-MotoGP-2016_3
Aleix Espargaro menggeber Suzuki GSX-RR 2016 di Sirkuit Sepang. Foto: Dok.

Selangor (naikmotor) – Pengujian resmi pertama MotoGP 2016 di Sepang International Circuit menjadi kesempatan untuk menelaah secara teknis Suzuki GSX-RR MotoGP yang digeber oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Jika secara visual tampaknya tak banyak yang berubah, tetapi apa yang ada di balik fairing itulah banyak ubahan yang diterapkan. Ubahan kasat mata terlihat rangka aluminium twin spar, tampak lebih berisi di kedua sisi.

Tampak pula air duct baru di sisi fairing, untuk pendinginan ekstra di sisi kiri, karena diletakkan agak ke atas, sementara di sisi kanan, saluran udara di bawah telah diperbesar untuk memapar header knalpot lebih banyak. Desain knalpot pun berubah lebih aerodinamis.

Tentunya, ubahan utama untuk program MotoGP Suzuki adalah seamless gearbox. Walau saat ini seamless gearbox itu hanya untuk upshift saja, tak seperti kabar mengemuka saat awal musim balap kalau seamless downshift juga akan diterapkan.
Seamless gearbox telah menjadi permintaan utama para pembalap Suzuki Ecstar MotoGP, sebagai pengurang gap tenaga saat perpindahan gir. Sepertinya ini akan menjadi tanda tim Suzuki akan lebih kencang lagi di musim 2016. (Afid/nm)

Spesikasi Teknis Suzuki GSX-RR MotoGP 2016
Mesin 4 langkah 4 silinder segaris, DOHC 4 katup per silinder, berpendinginan cairan
Kapasitas 1.000cc
Tenaga di atas 230 daya kuda
Transmisi 6percepatan, tipe kaset
Suspensi depan: Öhlins, upside down
Suspensi belakang: Öhlins.
Rem (depan/belakang): cakram Carbon/ baja Brembo.
Rangka Twin-spar Aluminum.
Ban (depan/belakang): 17in/17in.
Panjang 2.096mm x Lebar 720mm x Tinggi 1.140mm.
Wheelbase: 1.457mm .
Kecepatan lebih dari 330km/jam

LEAVE A REPLY

*