Mengapa Sebaiknya Tidak Menggunakan Oli Mobil Pada Sepeda Motor?

0
19
Tidak Menggunakan Oli Mobil
Pelumas sepeda motor model sportbike, naked, cruiser dan underbone butuh standar tambahan JASO MA. Foto: dok NMC

NaikMotor – Pelumas atau oli sepeda motor berbeda karakteristiknya dengan oli mobil. Itu sebab sebaiknya tidak menggunakan oli mobil pada sepeda motor.

Sepeda motor pada model sport series dan underbone dilengkapi komponen kopling yang terendam pelumas atau kopling basah. Sementara pada mobil umumnya kopling terpisah dengan sistem pelumasan atau kopling kering.

Penggunaan oli mobil pada mesin sepeda motor akan membuat kopling sedikit slip atau gaya gesek mendekati nol dan tenaga mesin pun akan banyak terbuang percuma. Maka oli sepeda motor dengan kopling basah akan butuh spesifikasi tambahan selain viskositas (misalnya SAE 10W-40), yakni standar JASO (Japanese Automotive Standar).

JASO MA misalnya suatu standar kualitas kinerja pelumas mesin bensin dengan kopling basah atau terendam agar menghasilkan gesekan yang lebih besar. Pada skutik, spesifikasi tambahannya adalah JASO MB, standar pelumas untuk mesin dengan gesekan yang lebih kecil.

Jadi gunakan oli yang memang khusus untuk sepeda motor dengan tanda tambahan bahan standar JASO MA atau MB pada kemasannya. Sebaiknya tidak menggunakan oli mobil pada sepeda motor.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*