Skuter Amerika Cushman 60 Series, Hadir Lebih Dulu dari Vespa

0
28
Skuter Amerika Cushman 60 series restorasi milik Bonhams. Foto: bonhams, silodrome

NaikMotor – Amerika Serikat juga pernah memiliki skuter sendiri. Skuter Amerika Cushman 60 Series itu diproduksi sejak krisis 1930an lebih dulu dari Vespa dan Lambretta.

Boleh jadi skuter Amerika Cushman 60 Series ini pelopor skuter ekonomis, pasalnya dihadirkan pada masa krisis 1930. Saat Amerika butuh kendaraan yang lebih murah untuk transportasi.

Cushman 60 dibuat oleh perusahaan pembuat mesin 4 langkah kecil di Lincoln, Nebraska. Perusahaan Cushman Husky yang berdiri sejak 1903 itu awalnya hanya memproduksi mesin khusus untuk perahu, pemotong rumput, atau pompa air.

Skuter Amerika Cushman 60

Namun, ketika Great Depression melanda dunia pada 1930 an, Cushman mencoba membuat skuter yang mudah dikendarai dan irit yang lebih diperlukan saat itu. Sekaligus agar perusahaan tetap berjalan di tengah krisis.

Bentuk skuter produk Cushman itu unik desainnya, agar mudah dikendarai oleh pria dan terutama wanita, karena adanya dek. Desainnya yang menggembung di belakang membuatnya dijuluki Turtle Back.

Lebih unik lagi mengenai kontrol pengendaraannya, sebab tidak ada grip gas, tuas rem dan kopling ataupun perseneling di stang seperti Vespa dan Lambretta. Untuk itu ada pedal gas di dek dan pedal rem belakang di depan turtle back-nya. 60 series dilengkapi transmisi sentrifugal dan 1 percepatan saja.

Meski sempat popular di masa Perang Dunia II, dan bahkan dibuat model untuk pasukan terjun payung, skuter Amerika itu pudar popularitas sejak 1960. Perusahaan pembuatnya pun sudah beralih produk, dengan membuat golf cart, dan kendaraan kecil khusus lainnya.

Beberapa unit skuter Amerika masih dimiliki para kolektor. Satu unitnya akan dilelang oleh badan lelang Bonhams, seperti yang digambar. Unit ini sudah didandani dengan grafis dan krom seperti dikabarkan media Silodrome. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*