Kata Agostini Soal Rossi: Hanya Anggur Semakin Tua Semakin Bagus

0
Hanya Anggur Semakin Tua
Rossi sebut dirinya akan mengupayakan agar bisa balapan di Indonesia. Foto: MotoGP

NaikMotor – Juara GP jadul, Giacomo Agostini (79) mengomentari keputusan Valentino Rossi untuk memutuskan kemungkinan akhir karir MotoGP usai libur musim panas 2021. Menurutnya hanya anggur semakin tua semakin bagus.

Sebelum jeda musim panas MotoGP 2021, Pembalap Petronas SRT, Rossi menyatakan akan memutuskan soal karirnya usai libur musim panas. Rossi di musim 2021 telah 26 tahun di MotoGP dan berusia 42 tahun, namun meski semangat masih ada tetapi prestasi terus menurun.

Catatan Giacomo Agostini
Legenda GP Giacomo Agostini dan Valentino Rossi. Foto: dorna motogp

Rossi tercatat telah memegang juara dunia 9 kali selama karirnya. Tetapi di musim 2021, raihan terbaiknya adalah finis ke-10 di Mugello, dan posisi di klasemen saat ini ke-19. Tentu semakin jauh dari keinginannya membukukan juara GP 10 kali.

Keputusan Rossi itu tentu memancing berbagai komentar, termasuk dari Agostini. “Saya hampir tidak percaya pada keajaiban. Seperti banyak atlet lainnya, saya telah mengalami secara langsung bahwa Anda tidak dapat melakukan apa pun dalam hidup: Anda dapat berakselerasi sebanyak yang Anda inginkan, tetapi itu akan selalu lebih cepat dari Anda,” ujar Agostini.

“Ini adalah olahraga kecepatan tertinggi: Pada usia tertentu, yang telah dicapai Valentino, hanya beberapa atlet yang terus maju, tetapi mereka hanya bertarung di antara orang tua. Ini disebut pertunjukan, yang di dunia kita, di motorsport, tidak akan berhasil,” papar Agostini.

“Hanya anggur semakin tua semakin baik seiring bertambahnya usia. Meski terkadang malah berubah menjadi cuka,” kata pria Italia berusia 79 tahun itu dalam wawancara dengan La Repubblica, dengan menggunakan kata-kata yang jelas dan tegas.

“Dulu ketika saya menyadari bahwa saya hanya bisa berjuang untuk tempat ketiga atau keempat, saya memutuskan untuk berhenti. Marquez juga baru-baru ini mengatakan bahwa dia tidak mengerti bagaimana Rossi bisa berada di posisi ke-15. Saya menanyakan hal yang sama kepada diri saya sendiri, ”tambah pemenang GP 122 kali dan juara dunia 15 kali itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY