Gebrakan Baru Suzuki di MotoGP 2016

0
108

SuzukiGSX-RR2016
Suzuki GSX-RR 2016 mendapat perubahan pada sasis dan mesin yang lebih agresif. Foto: Suzuki

Selangor (naikmotor) – Suzuki akan menggunakan mesin baru untuk musim 2016 pada sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia (1-3/2/2016). Serangkaian perbaikan dilakukan untuk mendapatkan hasil lebih baik pada musim ini.

Produsen motor asal Jepang tersebut fokus mengembangkan mesin pada musim dingin lalu. Duet Maverick Vinales dan Aleix Espargaro akan menjajal gebrakan baru dari mesin Suzuki GSX-RR 2016 pada Senin-Rabu mendatang. Tim mekanik mengklaim telah berhasil meningkatkan power motor yang disinyalir menjadi kelemahan Suzuki musim lalu.

Tahun lalu, Vinales mengeluhkan top speed motornya yang melempem saat melibas trek lurus seperti di Barcelona dan Mugello. Ia mengaku tertinggal 10 sampai 20 Km/Jam dari kecepatan Honda RC213V dan Ducati GP15.

“Priorotas kami adalah meningkatkan performa mesin, karena itu menjadi kelemahan terbesar kami tahun lalu. Kami bekerja keras untuk mendapatkan performa terbaik pada musim dingin lalu. Semua orang tahu kami kehilangan power, karena itu kami mencoba meningkatkannya. Berdasarkan dynamometer, kekuatan mesin kami sudah sedikit lebih baik. Langkah penting lainnya adalah (penggunaan) seamless gearbox,” ujar Manager Suzuki Ecstar, Davide Brivio.

Espargaro dan Vinales juga akan dibekali sasis baru, yang telah disesuaikan dengan karakter ban Michelin. Diharapkan mampu memberi kontribusi yang bermanfaat.

Tes di Sepang menjadi kesempatan kali pertama untuk Espargaro mencoba transmisi seamless. Sejatinya, transmisi tersebut telah dicoba oleh Vinales di sesi tes Sepang pada musim lalu, namun kala itu Espargaro absen karena cedera setelah mengalami kecelakaan saat mengendarai motocross. (Yudistira/NM)

LEAVE A REPLY

*