Aprilia dan Suzuki di MotoGP 2022 Tetap Tanpa Tim Satelit

0
70
Aprilia dan Suzuki di MotoGP 2022
Ternyata Aprilia dan Suzuki di MotoGP 2022 belum ditemani tim satelit. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Aprilia dan Suzuki di MotoGP 2022 belum juga ditemani tim satelit. Sementara Gresini di musim depan telah sepakat dengan Ducati.

Kolaborasi Gresini Racing dan Ducati Corse untuk MotoGP 2022 dan 2023. Demikian dengan tim milik Valentino Rossi, Aramco Sky VR46 dikabarkan akan menggunakan Desmosedici Ducati untuk 3 musim ke depan.

Pemilik Gresini, Lorenzo dan Luca Gresini punya alasan bagus untuk menyewa motor dari Ducati daripada Aprilia. Pasalnya, juara dunia Moto2 Enea Bastianini menginginkan bayaran 1 juta euro jika harus mengendarai mesin GP Aprilia RS. Sedangkan dengan Ducati hanya sekitar setengahnya

Sementara, Dorna telah menetapkan gaji per pembalap per musim dibatasi hingga 2,2 juta euro MotoGP. Jika tim pabrikan dilengkapi tim satelit maka mereka akan menerima tambahan 3 juta euro dari Dorna. Jadi sebenarnya jika Aprilia berkolaborasi dengan Gresini dengan harga dumping sekitar 1,5 juta, yang akan menjadi pendapatan 3 juta – dan 3 juta dari Dorna juga akan mengalir ke dana tim Noale itu.

Namun, direktur balap Aprilia Massimo Rivola menekankan kalau ikatan dengan Gresini, terlalu “menarik karena alasan romantis”.

Dorna sendiri berharap suatu hari semua 6 Pabrikan peserta MotoGP memiliki tim satelit. Namun bagi Suzuki dan Aprilia, jalan menuju tim satelit terhambat setidaknya selama dua tahun. Tech3 akan terus bersama KTM selama lima tahun, LCR akan tetap bersama Honda, Pramac telah bersama Ducati sejak 2005 dan membentuk tim kerja nyata kedua untuk The Reds. Petronas akan mendorong Yamaha hingga 2024.Sehingga, Aprilia dan Suzuki di MotoGP 2022 belum juga ditemani tim satelit.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*