Aprilia RS660 Trofeo Resmi Dipasarkan, Supersport Khusus Track Day

0
25
Aprilia RS660 Trofeo
Departemen balap Aprilia Racing hadirkan Aprilia RS660 Trofeo. Foto: Aprilia

NaikMotor – Dikreasikan langsung oleh Aprilia Racing, seri supersport Aprilia RS660 hadir dalam varian baru, Trofeo. Lewat model track day ini, Apilia bahkan menggelar event khusus dengan Trofeo rental di Sirkuit Misano sejak 16 Mei 2021.

Berbasis RS660 standar, RS660 Trofeo diciptakan khusus secara langsung oleh departemen balap Aprilia Racing demi memanjakan penggemar yang ingin bersenang-senang di event track day atau road race.

Trofeo bertransformasi menggunakan komponen tingkat tertinggi, memanfaatkan keseimbangan sempurna antara sasis, mesin, dan elektronik, serta memiliki rasio berat/daya juga paket elektronik yang baik.

Aprilia RS660 Trofeo

Dari RS660 standar, Aprilia memodifikasi sistem kelistrikannya dan menyederhanakan blok kunci dan ABS. Sistem pengereman diganti dengan pipa independen, namun unit kontrol ABS tetap ditempatkan di motor dan terhubung untuk memanfaatkan strategi sistem elektronik yang terintegrasi.

ECU-nya diprogram ulang dalam versi “Race” dengan pemetaan yang semuanya full power, dikembangkan oleh Aprilia Racing dan didedikasikan untuk penggunaan eksklusif di trek, menggunakan knalpot balap SC Project, serta dasbor TFT berwarnanya diprogram ulang dan diintegrasikan oleh keypad kiri khusus.

Aprilia RS660 Trofeo

Untuk suspensinya, Aprilia mengandalkan garpu depan dengan kartrid internal “Misano by Andreani”, dengan penyesuaian rem hidrolik dalam kompresi, rebound, dan preload. Shock absorber belakangnya dari Ohlins AP948 yang memiliki fitur penyesuaian preload pegas hidraulik dan rem kompresi dan rebound, serta bannya menggunakan Pirelli Supercorsa V3 SC1 yang berperforma tinggi.

Aprilia RS660 Trofeo

Sasisnya pun dimodifikiasi, dengan posisi berkendara yang lebih rendah berkat racing upper steering plate dengan semi-stang yang bisa disesuaikan. Pijakan kakinya juga bisa diatur dan dibongkar. Ditambah bagian tengah motornya dari fiberglass.

Lewat intervensi, mesinnya memiliki tenaga sebesar 105 hp dan berat kering motornyaa turun ke 153 kg. Aprilia juga meniadakan sistem udara sekunder dan termostat, serta memasang pelindung aluminium untuk kopling dan penutup generator serta filter udara Filter Sprint tertentu. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*