Michelin Tantang Ducati Pecahkan Rekor Kecepatan di Mugello dengan Ban Baru

0
20
Michelin
Ban Michelin MotoGP. Foto: MotoGP

NaikMotor – Perhelatan MotoGP 2021 telah sampai di Italia pada akhir pekan ini. Berlaga di Sirkuit Mugello, Michelin menantang Ducati untuk memecahkan rekor kecepatan baru.

Sirkuit Mugello memiliki trek lurusan terpanjang di kalender MotoGP musim ini, yakni sepanjang 1.141 meter. Dengan performa motornya yang mumpuni, pembalap Ducati diharapkan mampu memecahkan rekor kecepatan tertinggi di Mugello yang sebelumnya dipegang oleh Andrea Dovizioso pada 2019 dengan kecepat 356,7 km/jam.

Sebelumnya, Ducati sendiri telah membuat rekor kecepatan baru di Sirkuit Losail, Qatar melalui ridernya Jack Miller. Miller mampu mencatatkan kecepatan tertinggi di trek lurusan Losail mencapai 362,4 km/jam. Dengan demikian, Michelin menantang Ducati untuk membuat rekor kecepatan baru di Mugello.

Tantangan yang diberikan ini merupakan bentuk percobaan ban Slick baru Michelin yang diklaim menggunakan senyawa baru. Ban Slick yang tersedia untuk semua pembalap akan menjadi senyawa lunak, sedang, dan keras, dengan opsi depan simetris dan semua opsi belakang asimetris, dengan sisi kanan yang lebih keras, karena trek Mugello memiliki 9 tikungan ke kanan dan 6 ke kiri.

Mugello terletak di daerah geografis yang di mana hujan bisa muncul bahkan di saat musim panas, sehingga pemasok ban asal Prancis ini juga akan membawa ban untuk trek hujan jika dibutuhkan. Ban hujan ini berada di senyawa depan dan belakang yang lembut dan sedang, belakang asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras dan depan simetris.

Manajer Roda Dua Michelin Motorsport, Piero Taramaso mengatakan bahwa Sirkuit Mugello menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan dalam menghadirkan ban terbaik untuk seluruh pembalap, terlebih dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Cuaca di sini pada tahun ini bisa menjadi tantangan, dengan medan berbukit menciptakan suhu dingin di pagi hari dan kemudian bisa menjadi sangat panas pada sore hari,” katanya Taramaso. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*