Bosch Side View Assist & Vehicle Hold Control Pencegah Kecelakaan

0
BoschSCH&VCH-2
Bosch Side View Assist (SVA) untuk memonitor area blindspot agar bermaanuver aman. Foto: Bosch

Yokohama (naikmotor) – Two-Wheeler and Powersports Division Bosch yang berbasis di Yokohama, Jepang memasuki 2016 menampilkan perangkat ABS10 untuk sepeda motor kapasitas di bawah 250cc, juga fitur keselamatan lainnya, Assistance Systems yang baru.

Sistem baru yang ditawarkan Bosch itu Side View Assist (SVA) dan the Vehicle Hold Control (VCH). SVA yang diperkenalkan pada 2015, awalnya sebagai perangkat tambahan untuk maxi-scooter BMW, C650 GT dan Sport. Sistem peringatan itu akan memonitor area blindspot pengendara dan akan mengarahkan agar langkah pengendara berpindah lajur lebih aman.

Sistem dilengkapi 4 sensor ultrasonic yang ditempatkan pada sudut depan dan belakang yang akan mengamati lajur sebelah. Jika unit kontrol pusat sistem membaca ada kendaraan lain datang dari arah belakang, sistem akan memberikan peringatan untuk mencegah kejadian fatal (kecelakaan). Pada BMW peringatan akan berupa kedipan warna kuning pada spion di arah kendaraan lain datang.

BoschSCH&VCH-3

Sistem akan aktif pada kecepatan 25-80 km/jam, yang didesain efektif untuk lalu lintas kota, yang pengendaraan roda duanya kerap bermanuver pindah lajur, dan beresiko.

Sementara sistem VCH adalah fungsi tambahan yang bisa diprogramkan ke sistem ABS Bosch dan sistem rem parkir elektrohidrolik yang membuatnya lebih luas fungsinya. Ketika sepeda motor berhenti pada turunan atau tanjakan pengendara hanya tinggal menarik tuas rem atau menekan pedal rem, maka unit kontrol ABS akan mengingat besar tekanan yang diperkirakan akan mampu menahan sepeda motor tetap berada di tempat.

Maka tak dibutuhkan lagi usaha pengendara menahan rem agar sepeda motor tetap berada di posisi, tak peduli seberapa curam tanjakan/turunan dan seberapa berat sepeda motornya.

Sebelum aktif, VCH butuh waktu 10 detik sambil memperingatkan pengendara secara visual kalau tekanan rem akan meningkat untuk menahan motor.  Tentunya, fungsi bisa dibatalkan seketika hanya dengan memutar gas, atau kembalikan posisi tuas rem parkir. VCH Bosch telah menjadi perangkat standar pada Ducati Multistrada Enduro 2016. (Afid/NM)

BoschSCH&VCH-1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here