Ceko In – Australia Out, ini Update Kalender WorldSBK 2021

0
33
Kalender WorldSBK 2021
Update Kalender WorldSBK 2021: ada seri Ceko di bulan Agustus 2021. Foto: WorldSBK

NaikMotor – Kalender WorldSBK 2021 kembali dirombak. Kali ini, dipastikan Republik Ceko akan ikut menjadi tuan rumah gelaran WorldSBK setelah dikonfirmasi Dorna, FIM, dan Sirkuit (Autodrom) Most. Putaran Ceko dijadwalkan untuk berlangsung pada 6 – 8 Agustus 2021. 

Autodrom Most akan memulai debutnya di kalender kompetisi balap WorldSBK setelah menandatangani kontrak perjanjian selama lima tahun mulai dari 2021. Dengan perjanjian ini, berarti kompetisi di Ceko akan terus hadir dalam kalender perlombaan WSBK hingga 2025.

Berlokasi di dekat Praha, Sirkuit Most dibuka pada tahun 1983 dan menjadi kompleks balap motor permanen pertama yang selanjutnya dikenal sebagai Cekoslowakia. Sirkuit ini telah menggelar banyak acara olahraga motor, termasuk kejuaraan nasional, dan akan menjadi tambahan yang menarik untuk WorldSBK 2021.

Update Kalender WorldSBK 2021

“Ini adalah tonggak sejarah dan peristiwa unik selama sejarah Autodrom hampir 40 tahun. Kami menjadi penyelenggara balapan Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya. Fakta ini menempatkan persyaratan teknis dan organisasi yang menuntut pada kami. Namun demikian, kami senang menerima tantangan ini,” ungkap Josef Zajicek, Autodrom Most Chief Executive Officer.

“Tujuan kami adalah untuk membuka kompleks kami kepada masyarakat umum, itulah sebabnya kami harus menawarkan acara dengan kualitas terbaik untuk penggemar balap kami. Dan Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM tidak dapat disangkal termasuk dalam acara semacam itu. Kami akan memastikan bahwa pembalap, tim, mitra, sponsor, serta penonton benar-benar puas dengan kami dan menantikan edisi berikutnya dari tampilan mesin yang hebat dan pembalap pemberani ini,” lanjutnya.

Gregorio Lavilla selaku Direktur Eksekutif WorldSBK juga mengatakan, “Kami sangat senang menyambut Autodrom Most ke kalender kami untuk lima musim ke depan.”

“Pengumuman hari ini bahwa WorldSBK akan kembali ke Republik Ceko untuk pertama kalinya sejak 2018 mencerminkan popularitas Kejuaraan yang berkelanjutan di antara para penggemar Ceko. Dengan tim dan pembalap Ceko di paddock, ini adalah kesempatan besar untuk menampilkan Republik Ceko di panggung dunia dan saya percaya Autodrom Most akan mengadakan acara menarik di masa depan,” lanjutnya.

Update Kalender WorldSBK 2021

Sementara itu, putaran di Australia terpaksa ditunda hingga awal musim 2022 karena pandemi yang sedang berlangsung.

“Phillip Island telah menyelenggarakan lebih banyak acara World Superbike daripada sirkuit lain mana pun di dunia. Kami setuju bahwa sekarang adalah waktu untuk memfokuskan upaya kami pada tes resmi dan putaran pembukaan musim pada tahun 2022. Keputusan untuk tidak menjalankan putaran pada tahun 2021 tidak akan berdampak buruk pada kelanjutan acara. Acara ini dijamin untuk Sirkuit Phillip Island hingga 2027,” jelas David Bennett, General Manager Phillip Island Grand Prix Circuit.

“Mengenai Australia, semua pihak yang terlibat memutuskan bahwa menganalisis perubahan terbaru di semua acara motorsport utama dan dengan ketidakpastian saat ini terkait dengan pandemi, solusi terbaik adalah dengan memindahkan Putaran ke tanggal awal musim yang biasa kami lakukan pada tahun 2022. Kami berharap untuk kembali ke sana pada tahun 2022 dengan Putaran Australia sebagai acara utama Kejuaraan,” pungkas Lavilla.

Berikut ini update kalender WorldSBK 2021 per tanggal 29 April 2021: (Litha/Prob/NM) 

Kalender WorldSBK 2021

LEAVE A REPLY

*