Kawasaki Justru Mengembangkan Sepeda Motor Hybrid-Listrik, Begini Alasannya

0
25
Paten Kawasaki
Kawasaki Ninja ZX-6R. Foto: Kawasaki

NaikMotor – Kawasaki diketahui sedang mengembangkan sepeda motor dengan sistem hybrid-listrik. Bahkan perusahaan sudah mengajukan paten Kawasaki untuk konsep motor hybrid-listrik ini.

Team Kawasaki saat ini tengah bekerja pada platform hybrid, yang di mana platform ini bisa berfungsi sebagai stop-gap antara ramp down pembakaran internal dan adopsi all-electric.

Dalam paten tersebut terlihat baterai hybrid-listrik baru garapan Kawasaki lengkap dengan desain, ukuran, dan posisi potensialnya. Baterai ini berfungsi seperti unit hibrida-listrik yang mendukung mesin pembakaran internal.

Paten Kawasaki

Sistem hybrid juga akan menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih besar berkat baterai listrik sekaligus mempertahankan kenyamanan mesin bensin.

Dalamm mengembangkan teknologi hybrid ini, nampaknya Kawasaki berkelit dari masalah utama kendaraan listrik pada umumnya, yakni masalah berat baterai dan daya jangkau baterai. Memproduksi sepeda motor listrik dengan daya dan jangkauan yang cukup membutuhkan beberapa sel baterai besar.

Dengan model hybrid, baterai listrik kecil dapat mengandalkan mesin pembakaran internal untuk pengisian ulang sambil tetap mencapai jangkauan yang diperluas.

Namun ini baru sekadar paten yang diajukan dan Kawasaki sendiri belum mengonfirmasi akan membuat prototipe untuk motor hybrid-listrik ini. Namun kemungkinan paten ini akan segera masuk ke dapur produksi, mengingat Kawasaki mulai berencana untuk beralih ke energi ramah lingkungan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*