BMW R nineT dengan Identitas Paris Style

0
242

BMWRnineTParisStyle-9
BMW R nineT Paris Style racikan Clutch Custom Motorcycles dengan builder Willie Knoll. Foto: Bikeexif.com

Paris (naikmotor) – BMW R nineT sejatinya sepeda motor yang berkelas dengan komponen yang sudah menarik perhatian. Tetapi yang dilakukan oleh builder asal Paris, Clutch Custom Motorcycles malah membuatnya menjadi lebih cantik dan heboh.

Seperti mendandani BMW yang siap pakai dengan komponen yang fit individual atau haute couture. Pendekatan yang dilakukan builder Willie Knoll seperti penjahit profesional, setiap potongan diletakkan pada sudut yang tepat sehingga seimbang dan mengalir, tanpa terlihat berlebihan.

“Idenya mengkreasi sesuatu yang berkelas tapi agresif. Motor akan tampak hebat, dengan garis dan perhatian besar pada detailnya,” ujar builder kelahiran Amerika Serikat itu pada Biekeexif.

BMW yang kekar itu pun berubah menjadi bungkuk. Untuk membuatnya lebih langsing, Willie mengubah tulang utama rangka dan membuat subframe baru. Sehingga sosoknya tampak lebih harmonis dari ke belakang dan lebih estetis.

Tangki custom kini tampak lebih gaya, seolah mengambilnya dari sebuah motor  klasik Jepang. Di bawahnya sepasang cover sisi buatan tangan yang teliti, selaras dengan jok tunggal berlapis kulit warna coklat dengan tonjolan-tonjolan kecil.

Secara keseluruhan terlihat sosoknya lebih rendah dari sebelumnya, tetapi itu tipuan mata. Willie membiarkan travel suspensi dan tinggi motor seperti aslinya. Hanya saja, ukuran ban membengkak satu inci, sekarang motor menggunakan pelek 18 inci pada kedua roda, dengan hub lama yang dipasangi jari-jari stainless.

Bannya Pirelli Angel GT dengan kembangan grippy. Dan karya terkenal Clutch pun ditampilkan seperti tutup tangki, spakbor depan, jok belakang dan stang clip-on dengan braket yang disembunyikan.

Sein itu ada clamp segitiga dan sistem knalpot stainless berukuran besar yang dibuat secara CNC. Produk Clutch tersebut akan dipasarkan melalui situs mereka.

Willie juga mengerjakan beberapa perkabelan. Mengganti aki dengan yang lebih kecil dan beberapa komponen motogadget, sambil menyederhanakan jalur pelindung perkabelannya. Pemilihan komponen tambahan lainnya dipilih agar sesuai dengan proyek ini. Seperti lampu utama yang lebih kecil, lampu ekor LED dengan sein terintegrasi pada lingkar bagian belakang. Oil cooler asli, tuas rem dan kontrol telah diganti dengan model yang lebih rapi produk Behringer.

Skema warna yang diterapkan tampak lebih indah. Dengan warna biru muda pada tangki, hitam dan pada komponen lain dipoles atau dengan stainless, termasuk kepala silinder. Semua perubahan yang diterapkan pada roadster paling laku produk BMW itu tak terduga, tetapi sempurna. (Afid/NM)

LEAVE A REPLY

*