Yamaha Robot V80, Underbone Super Langka yang Jadi The Last Yamaha V Series

0
121
Yamaha Robot V80
Yamaha Robot V80 Super Deluxe. Foto: Dicky Kurniawan

NaikMotor – Yamaha V80 Super Deluxe atau yang lebih dikenal dengan nama Yamaha Robot merupakan salah satu underbone yang populasinya sangat langka saat ini. Underbone ini bahkan banyak dicari para kolektor motor jadul untuk dijadikan koleksinya.

Motor ini dijuluki sebagai Yamaha Robot karena memang desain yang kaku dan mengotak seperti robot. Mulai dari bodi, jok, headlamp, lampu sein, fender, hingga stop lamp yang dibuat kotak dan presisi hingga menghasilkan kesan kaku.

Yamaha Robot V80

Yamaha V80 pertama kali muncul pada kisaran tahun 1987 hingga 1988. Underbone ini bisa dibilang sebagai The Last Yamaha V Series karena memang ini merupakan motor dari seri V Yamaha yang diproduksi. Selain itu populasinya juga sangat jarang, maka tak jarang banyak menjadi buruan para kolektor motor jadul.

Bicara spesifikasi, motor ini menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 79cc. Lewat gearbox 3-percepatan, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 6,7 daya kuda pada putaran mesin 7.000 rpm dan jambakan torsinya sebesar 8 Nm.

Sistem pengapian yang digunakan juga sudah terbilang canggih pada masanya, yakni sistem CDI, yang bisa mencegah motor tidak mudah mogok. Penggunaan karburatornya lumayan kecil, venturinya hanya 15 mm, serta aki dan kelistrikannya hanya berdaya 6 volt.

Yamaha Robot V80

Urusan kaki-kaki, motor ini menggunakan suspensi depan model leading link dan suspensi belakangnya menggunakan model swingarm double shockabsorber. Sistem pengeremannya masih menggunakan tromol baik di depan maupun belakangnya. Secara keseluruhan, Yamaha V80 punya bobot 82 kg, denga kapasitas tangki 5,3 liter dan kapasitas tangki oli samping 1,2 liter.

Langkanya motor ini membuat para kolektor kesulitan untuk mendapatkan Yamaha Robot V80 ini. Sekalipun ada, pasti memiliki banderol yang cukup menguras kantong.

NaikMotor sempat menemui Suntoro, seorang kolektor motor jadul di Bogor yang memiliki Yamaha Robot ini. Pakde Toro, sapaan akrabnya, mengaku mendapatkan motor ini dengan harga Rp 3 juta.

Yamaha Robot V80

“Saya waktu itu dapat motor ini di harga Rp 3 juta. Tapi kondisinya masih perlu restorasi. Jadi motor ini sudah saya lakukan pengecatan ulang dan sistem kelistrikannya sudah saya perbaiki juga,” kata Pakde Toro kepada NaikMotor, Senin (12/4/2021).

Suntoro mengatakan bahwa saat ini Yamaha Robot ini sudah sangat langka populasinya. Oleh sebab itu, dirinya tidak akan menjual Yamaha V80 miliknya dan lebih memilih untuk dijadikan koleksi saja.

Yamaha Robot V80

“Ini tidak saya jual. Saya juga tidak pernah pasarin motor ini. Sekarang sudah langka, jadi lebih baik saya simpan saja untuk jadi koleksi,” pungkasnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*