Bosch ABS10 untuk Rem ABS bagi Motor Kurang dari 250cc

0
BoschABS10
Bosch ABS10 diracik khusus sebagai sistem pengereman ABS bagi sepeda motor berkapasitas kurang dari 250cc. Foto: Bosch

Munich (naikmotor) – Dalam usaha memperkokoh posisinya sebagai leader dalam pasar global, Produsen komponen otomotif asal Jerman, Bosch, mempersiapkan diri untuk menjadi pelaku usaha di bidang komponen sepeda motor. Bosch telah berhasil menciptakan sitem pengereman anti-lock (ABS) bernama Bosch ABS10 untuk sepeda motor berkubikasi kurang dari 250cc dengan harga terjangkau.

Penelitian memprediksikan, di tahun 2021, pasar global sepeda motor akan bertumbuh 160 juta unit per tahun, dan 90 persennya diproduksi di Asia. Bosch menunjukan keseriusannya untuk menjadi unggulan di pasar global, dengan membuka unit bisnis baru yang bergerak di bidang kendaraan roda dua dan kendaraan sport. Unit tersebut akan berpusat di Yokohama, Jepang, dan memiliki cabang di Amerika, Eropa, India, dan Cina. Selain itu, mereka juga akan menyediakan kendaraan khusus seperti ATV, Jet Ski, dan snowmobiles.

“Teknologi dari Bosch untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan sudah menjadi komponen untuk banyak mobil, dan di waktu mendatang akan tersedia juga untuk sepeda motor. Kami juga bertujuan untuk menjadi unggulan di bidang pemasok komponen sepeda motor. Porsi dalam pasar (sepeda motor) untuk Bosch yang membawahi sistem keamanan berkendara, teknologi sumber tenaga listrik, dan sistem infotainment akan berlipat ganda dalam lima tahun mendatang,” ujar anggota dewan manajemen Bosch Dr. Dirk Hoheisel.

Sejauh ini sistem keamanan elektonik jadi perhatian Bosch, ABS10 direncakan akan diproduksi di tahun 2016 ini. Sistem pengereman anti-lock disebut ABS10 dan dirancang khusus untuk sepeda motor dengan kapasitas hingga 250cc. Produk ini akan diproduksi bersama dengan Bosch ABS9 pada yang akan di produksi akhir tahun ini.

Bosch mengatakan ABS10 dikembangkan sebagai sistem keamanan yang terjangkau untuk sepeda  motor di pasar negara berkembang. Sistem baru akan 45 persen lebih kecil dan 30 persen lebih ringan dari ABS9. Tersedia dalam dua varian, satu saluran (roda depan) atau dua-channel (kedua roda). Bosch mengatakan itu bekerja keras untuk membuat sistem baru biaya pilihan efektif untuk sepeda murah yang tidak mungkin jika dilengkapi dengan ABS. (Yudistira/NM)

LEAVE A REPLY